Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolitdi SMA Negeri 5 Banda Aceh

Mulia Fitri, 291324972 (2021) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolitdi SMA Negeri 5 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching And  Learning (CTL) Pada Materi  Larutan Elektrolit  Dan Non Elektrolitdi SMA  Negeri 5 Banda Aceh]
Preview
Text (Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolitdi SMA Negeri 5 Banda Aceh)
MULIA FITRI,291324972, FTK, PKM, 085206225949..pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (24MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran kimia merupakan pembelajaran Sains yang dianggap membosankandan sulit dipahami oleh sebagian besar peserta didik. Hal ini terjadi karena merekamengganggap materi kimia merupakan hal yang tidak ada hubungannya dengankehidupan. Fenomena ini memerlukan upaya guru untuk mengolahpembelajaran menjadi hal yang disukai dan menyenangkan. Hal ini dapatditempuh dengan menerapkan model pembelajaran CTL model iniberupaya membawa pemikiran peserta didik untuk lebih memahami makna darisuatu materi dengan menghubungkan materi yangdipelajari dengan fenomena-fenomena dalam kehidupan sehari-hari. Rumusanpertanyaan dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana respon siswa dengan upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit di SMA Negeri 5 Banda Aceh? (2) Bagaimana aktivitas siswa dengan upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit di SMA Negeri 5 Banda Aceh? (3) Bagaimana peningkatan hasil belajar melalui model Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit SMA Negeri 5 Banda Aceh?. Rancangan Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes hasil belajar dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Persentase aktivitas siswa siklus I adalah 66,96% dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan persentase 70,53%. (2) Hasil belajar siswa siklus I adalah sebesar 71,42%, mengalami peningkatan menjadi 89,28% pada siklus II (3) Respon positif siswa sebesar 68,92%. hal ini menunjukkan bahwa siswa tertarik belajar materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit dengan menggunakan model CTL.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Mulia Fitri Fitri
Date Deposited: 02 Mar 2021 05:13
Last Modified: 02 Mar 2021 05:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16236

Actions (login required)

View Item
View Item