Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP/MTs

Rikza, 160205010 (2021) Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP/MTs. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP/MTs]
Preview
Text (Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP/MTs)
Rikza, 160205010, FTK, MTK, 085372798109.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (20MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan salah satu kemampuan untuk memahami atau memperoleh makna dari suatu informasi melalui pikiran, dimana siswa tidak sekedar mengetahui atau mengingat sejumlah konsep yang dipelajari, tetapi mampu mengungkapkan kembali dalam bentuk lain yang mudah dimengerti, memberikan interprestasi data dan mampu mengaplikasikan konsep yang sesuai dengan struktur yang dimilikinya. Kenyataannya, kemampuan pemahaman konsep matematis siswa masih tergolong rendah, sehingga dibutuhkan suatu model pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, yaitu model pembelajaran Jigsaw. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran Jigsaw dan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII MTs. Rancangan penelitian menggunakan quasi eksperimen dengan desain control group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsS Darul Hikmah Kajhu Baitussalam. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan random sampling sehingga terpilih kelas VIII 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 2 sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar tes kemampuan pemahaman konsep matematis yang selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji-t independent. Hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model Jigsaw lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII MTsS Darul Hikmah Kajhu Baitussalam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Rikza Rikza
Date Deposited: 03 Mar 2021 03:12
Last Modified: 03 Mar 2021 03:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16238

Actions (login required)

View Item
View Item