Husna Reva Yanti, 160213063 (2021) Penerapan Model Quantum Learning dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri 4 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.
Husna Reva Yanti, 160213063, FTK, PBK, 081253000159.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (6MB) | Preview
Abstract
Model quantum learning merupakan kiat, petunjuk, strategi dan seluruh proses belajar yang dapat mempertajam pemahaman dan daya ingat, serta membuat belajar sebagai suatu proses yang menyenangkan dan bermanfaat. Motivasi belajar adalah hasrat dan keinginan untuk belajar dan harapan cita-cita siswa dengan kegiatan yang menarik, kondusif dan upaya dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar penerapan learning dalam meningkatkan motivasi belajar siswa SMA Negeri 4 Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuntitatif dengan menggunakan metode eksperimen (One Group Pretesst Posstest Design). Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 264 siswa, dan menggunakan Purposive Sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 15 orang yang diberikan penerapan Model Quantum Learning. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala likert dengan penyebaran angket kepada seluruh siswa kelas XI IS 1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diberikan penerapan Model Quantum Learning pada sampel berhasil dinyatakan meningkatnya motivasi belajar yang ditunjukkan hasil dari uji hipotesis sehingga Ho ditolak dan Ha diterima dengan signifikat terhadap perubahan skor rata-rata. Dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan motivasi belajar sebelum dan sesudah diberikan penerapan model quantum learning di kelas XI IS 1 di SMA Negeri 4 Banda Aceh.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. Chairan M. Nur, M.Ag, Pembimbing II : Khairiah. M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Quantum Learning, Motivasi Belajar |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling |
Depositing User: | Husna Reva Yanti |
Date Deposited: | 03 Mar 2021 04:19 |
Last Modified: | 03 Mar 2021 04:19 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16239 |