Usaha Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Akhlak Siswa di SMPN 1 Samadua Aceh Selatan

Rizki Zamzari, 150201201 (2021) Usaha Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Akhlak Siswa di SMPN 1 Samadua Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Usaha Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Akhlak Siswa di SMPN 1 Samadua Aceh Selatan]
Preview
Text (Usaha Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Akhlak Siswa di SMPN 1 Samadua Aceh Selatan)
Rizki Zamzari, 150201201, FTK, PAI, 082283052520.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Akhlak merupakan suatu sikap yang mengakar dalam jiwa sehingga melahirkann berbagai perbuatan dengan mudah, jika mampu melahirkan perbuatan baik dan terpenuhi syara’ maka ia disebut akhlak baik, dan jika darinya terlahir perbuatan tercela sikap tersebut menjadi akhlak buruk. Di SMPN 1 Samadua kabupaten Acceh Selatan masih ada siswa yang belum berakhlakul karimah, baik terhadap guru maupun sesama temannya. Misalnya disaat guru sedang menjelaskan pelajaran siswa keluar tanpa izin, bercerita dengan teman sebangkunya, disaat guru menegur sebagian siswa melawan perkataan guru. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, yang menjadi tujuan penelitian untuk mengetahui usaha guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan akhlak siswa di SMPN 1 Samadua Aceh Selatan. Dalam penulisan skripsi ini menggunakan Penelitian bersifat deskriptif menggunakan metode penelitian kualitatif. Dalam pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, angket dan dokumentasi, adapun hasil penelitian yang penulis dapatkan usaha yang dilakukan guru adalah menerapkan nilai- nilai akhlak dalam kehidupan sehari- hari seperti bersikap sabar, saling menghargai serta sifat kasih sayang. Guru memberikan bimbingan dan nasehat kepada siswa dan guru juga sering berkomunikasi dengan siswa tentang permasalahan yang dihadapi dan memberkan solusi dari permasalahan tersebut. Metode yang digunakan guru dalam pembinaan akhlak salah satunya dengan menggunakan metode pembiasaan, metode nasehat, dan metode keteladanan. Hambatan yang dihadapi guru dalam pembinaan akhlak siswa salah satunya adalah kurang waktu untuk mengontrol siswa secara maksimal, siswa terlalu nakal, dan pengaruh budaya luar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rizki Zamzari Rizki
Date Deposited: 03 Mar 2021 02:53
Last Modified: 03 Mar 2021 02:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16241

Actions (login required)

View Item
View Item