Peran Pustakawan Dalam Penataan Ruang Perpustakaan Sekolah di SMP Negeri 1 Kluet Timur

Emaliana Syafitri, 160206095 (2020) Peran Pustakawan Dalam Penataan Ruang Perpustakaan Sekolah di SMP Negeri 1 Kluet Timur. Skripsi thesis, UPT. PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text (Peran Pustakawan Dalam Penataan Ruang Perpustakaan Sekolah di SMP Negeri 1 Kluet Timur)
Emaliana Syafitri, 160206095, FTK, MPI, 082217509179.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Dalam kegiatan penataan ruang perpustakaan masih jauh apa yang telah direncanakan oleh pihak perpustakaan, karena kurangnya perhatian pihak sekolah terhadap perpustakaaan, oleh karena itu penataan perpustakaan yang baik akan menumbuhkan minat pengunjung ke perpustakaan. Perpustakaan hanya dijadikan sebagai pelengkap disekolah dan juga pustakawan hanya di jadikan sebagai penjaga perpustakaan yang tidak menjalankan tugasnya menjadi seorang pustakawan yang profesional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tugas pustakawan dalam penataan ruang perpustakaan, strategi pustakawan sekolah dalam penataan ruang perpustakaan, kendala pustakawan dalam penataan ruang perpustakaan. Penelitian menggunakan metode kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala perpustakaan dan pustakawan. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan yaitu penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian: 1) tugas pustakawan sekolah di SMP Negeri 1 Kluet Timur sudah dijalankan sebagai mana yang diharapkan, pustakawan telah melakukan tugas yang sudah ditetapkan yaitu melaksanakan kegiatan pengadaan, melaksanakan kegiatan pengolahan bahan pustaka dan penyedia informasi. 2) strategi pustakawan dalam penataan ruang di SMP Negeri 1 Kluet Timur adalah menerapkan layanan terbuka, melakukan sosialisasi dengan perpustakaan wilayah, penataan ruang baca, tidak menerapkan kebijakan wajib sumbang buku tetapi diperbolehkan bagi yang mau. 3) kendala yang dihadapi yaitu kurang staff / pustakawan perpustakaan, ruangan yang terbatas, fasilitas perpustakaan belum lengkap, sarana dan prasarana juga belum memadai, meja dan kursi juga kurang sehingga menjadi suatu hambatan bagi pustakawan dalam melakukan penataan ruang, dan suatu hambatan bagi peserta didik dalam belajar di perpustakaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Sri Rahmi, M.A Pembimbing II : Nurussalami, S.Ag.,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Peran Pustakawan, Penataan Ruang, Perpustakaan
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 027 Perpustakan, Arsip, Pusat Informasi Umum > 027.8 Perpustakaan Sekolah
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Emaliana Syafitri
Date Deposited: 05 Mar 2021 02:37
Last Modified: 05 Mar 2021 02:37
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16261

Actions (login required)

View Item View Item
TOP