Analisis Keterlambatan Pengembalian Koleksi Oleh Pemustaka di UPT Perpustakaan UIN Ar-Raniry

Eka Wahyuni, 140503175 (2021) Analisis Keterlambatan Pengembalian Koleksi Oleh Pemustaka di UPT Perpustakaan UIN Ar-Raniry. Skripsi thesis, UPT. PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text (Analisis Keterlambatan Pengembalian Koleksi Oleh Pemustaka di UPT Perpustakaan UIN Ar-Raniry)
Eka Wahyuni, 140503175, FAH, IP, 081362601887.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini berjudul “Analisis Keterlambatan Pengembalian Koleksi Oleh Pemustaka di UPT Perpustakaan UIN Ar-Raniry”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menjadi penyebab keterlambatan pengembalian koleksi dan sanksi-sanksi apa saja yang diterapkan oleh pihak Perpustakaan UIN Ar-Raniry. Dalam penelitian ini Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun yang menjadi responden dalam penelitian adalah 20 pemustaka yang terlambat mengembalikan koleksi dan pustakawan di UPT Perpustakaan UIN Ar-Raniry. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat dua faktor yang menjadi penyebab keterlambatan pengembalian koleksi, yaitu faktor eksternal dan faktor internal. Dimana faktor eksternal terjadi karena pemustaka itu sendiri, faktor yang paling dominan terjadi adalah malas, lupa, sibuk dan juga karena masih membutuhkan. Dan fakor internal terjadi karena kesalahan didalam Perpustakaan UIN Ar-Raniry, yang meliputi terjadi kesalahan sistem automasi, peminjaman dan pengembalian yang tidak efektif, serta kelalaian pustakawan itu sendiri. Sedangkan untuk sanksi UPT Perpustakaan UIN Ar-Raniry masih berupa uang denda sebesar 500 (lima ratus) rupiah setiap hari perbuku.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keterlambatan koleksi, pengembalian koleksi
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 025 Operasi Perpustakaan, Arsip, Pusat Informasi > 025.8 Pemeliharaan dan Preservasi Koleksi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Eka Wahyuni Eka
Date Deposited: 05 Mar 2021 02:25
Last Modified: 05 Mar 2021 02:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16262

Actions (login required)

View Item View Item
TOP