Penerapan Model Survey, Question, Read, Recite, Reflect, Review (SQ4R) Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP

Risna Paramita, 160205041 (2021) Penerapan Model Survey, Question, Read, Recite, Reflect, Review (SQ4R) Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP. Skripsi thesis, UPT. PERPUSTAKAAN.

[thumbnail of Penerapan Model Survey, Question, Read, Recite,Reflect, Review (SQ4R) Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP]
Preview
Text (Penerapan Model Survey, Question, Read, Recite,Reflect, Review (SQ4R) Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP)
Risna Paramita, 160205041, FTK, PMA, 082367366139.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Kemampuan literasi merupakan salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki oleh siswa untuk dapat menyelesaikan berbagai permasalahan pada kehidupan sehari-hari. Namun pada kenyataannya kemampuan literasi matematika siswa di SMPN 4 Takengon masih tergolong rendah. Banyak faktor yang menyebabkan rendahnya kemampuan literasi matematika, diantaranya penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat untuk mengembangkan kemampuan literasi matematika siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut, diterapkan model pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Reflect, Review (SQ4R). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan literasi matematika siswa setelah penerapan model SQ4R dan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Reflect, Review (SQ4R) ini lebih baik daripada model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 4 Takengon dengan kelas VII.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.2 sebagai kelas kontrol yang diambil dengan tehnik Random Sampling, yaitu tehnik pengambilan sampel secara acak. Pengumpulan data menggunakan tes kemampuan literasi matematika. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan literasi matematika siswa 58,82% berada pada ketegori tinggi, dan 41,17% pada kategori sedang dengan menggunakan model SQ4R berdasarkan penskoran yang telah diperoleh. Selanjutnya berdasarkan uji-t hipotesis, maka diperoleh t_hitung >t_tabel, yaitu 4,79 > 2,03.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dra. Hafriani, M.Pd. Pembimbing 2 : Lasmi, S.Si., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Literasi Matematia, Model Pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Reflect, Review (SQ4R)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Risna Paramita
Date Deposited: 05 Mar 2021 03:41
Last Modified: 05 Mar 2021 03:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16269

Actions (login required)

View Item
View Item