Khaira Nurliza, 160205069 (2021) Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP/MTs pada Materi Persamaan Garis Lurus. Skripsi thesis, UPT. PERPUSTAKAAN.
Khaira Nurliza, 160205069, FTK, PMA, 082274246480.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (18MB) | Preview
Abstract
Koneksi matematis harus dimiliki oleh siswa agar konsep yang telah diterima siswa selama proses pembelajaran dapat diaplikasikan ke dalam penyelesaian masalah dalam kehidupan sehari-hari. Melalui koneksi matematis wawasan siswa pada matematika akan semakin luas salah satunya pada materi persamaan garis lurus. Namun kenyataannya kemampuan koneksi matematis siswa di SMPN 1 Mutiara beragam, diantaranya siswa kurang dalam latihan soal untuk menghubungkan antar materi sehingga kesulitan menyelesaikan soal yang berbeda dari yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis pada siswa terhadap materi persamaan garis lurus. Jenis penelitian menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek sebanyak 5 siswa SMP Negeri 1 Mutiara yang sesuai dengan pertimbangan, yaitu: (1) seorang siswa yang level kemampuannya tinggi, (2) seorang siswa yang level kemampuannya rendah, dan (3) tiga siswa yang level kemampuannya sedang dengan jawaban unik yang hanya tercapai beberapa indikator kemampuan saja. Subjek dipilih berdasarkan hasil ters tertulis. Instrument dalam penelitian ini adalah peneliti dan lembar soal tes kemampuan koneksi matematis dan pedoman wawancara. Analisis menggunakan triangulasi waktu dengan cara mengumpulkan data dengan waktu yang berbeda. Kesimpulan dari penelitian ini (1) Subjek S16 mencapai kemampuan koneksi matematis pada kategori tinggi dan mampu memunculkan semua indikator dalam kemampuan koneksi matematis yaitu kemampuan koneksi antar topik/konsep matematis, kemampuan koneksi matematis dengan ilmu lain dan kemampuan koneksi matematis dengan kehidupan sehari-hari, (2) Subjek S4 mencapai kemampuan koneksi matematis pada kategori rendah dan tidak mampu memunculkan satupun indikator dalam kemampuan koneksi matematis, (3) Subjek S2 mencapai kemampuan koneksi matematis pada kategori sedang dan mampu memunculkan dua indikator dalam kemampuan koneksi matematis yaitu kemampuan koneksi antar topik/konsep matematis dan kemampuan koneksi matematis dengan ilmu lain, dan (4) Subjek S12 dan subjek S18 mencapai kemampuan koneksi matematis pada kategori sedang dan mampu memunculkan satu indikator dalam kemampuan koneksi matematis yaitu kemampuan koneksi matematis dengan ilmu lain.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. M. Duskri, M.Kes Pembimbing II : Lasmi, S.Si., M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Koneksi Matematis, Persamaan Garis Lurus |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.7 Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Khaira Nurliza |
Date Deposited: | 05 Mar 2021 10:27 |
Last Modified: | 05 Mar 2021 10:27 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16271 |