Sistem Sosialisasi Bahaya Napza Terhadap Remaja (Studi Deskriptif Analitis Pada Badan Kesbangpol Kabupaten Aceh Jaya)

Sofia Rahmah, 421307278 (2021) Sistem Sosialisasi Bahaya Napza Terhadap Remaja (Studi Deskriptif Analitis Pada Badan Kesbangpol Kabupaten Aceh Jaya). Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Sistem Sosialisasi Bahaya Napza Terhadap Remaja (Studi Deskriptif Analitis Pada Badan Kesbangpol Kabupaten Aceh Jaya)]
Preview
Text (Sistem Sosialisasi Bahaya Napza Terhadap Remaja (Studi Deskriptif Analitis Pada Badan Kesbangpol Kabupaten Aceh Jaya))
Sofia Rahmah, 421307278, FDK, BK, 082272977561.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penyalahgunaan Napza saat ini menjadi perhatian banyak orang dan terus menerus dibicarakan, napza pada awalnya dimanfaatkan dalam dunia kedokteran untuk menyembuhkan penyakit dan mengurangi rasa sakit pasien. Namun kenyataanya napza sering disalahgunakan oleh masyarakat terutama pada remaja, justru keinginan untuk mencoba-coba, mengikuti gaya hidup, serta bersenang-senang. Oleh karena itu, harus sedini mungkin remaja diberikan pemahaman-pemahaman tentang bahaya napza, dalam hal ini perlu adanya sosialisasi bahaya napza diterapkan terhadap remaja, agar terhindar dari penyalahgunaannya. Salah satu tempat sosialisasi bahaya Napza yang diberikan terhadap remaja adalah pada kantor kesbangpol Kabupaten Aceh Jaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tujuan sosialisasi bahaya Napza terhadap remaja, materi sosialisasi, metode dan media, tenaga penyuluh dan hasil evaluasi keberhasilan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitis dengan pendekatan kualitataif. Sumber data dalam penelitian adalah kepala Kesbangpol, kepala bidang narkoba, dan 6 orang peserta yang telah mengikuti sosialisasi. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan studi dokumentasi. Maka hasil penelitian menunjukkan bahwa: tujuan sosialisasi yang diterapkan yaitu untuk melaksanakan salah satu perintah dari perang napza, dan untuk mengenali kepada remaja tentang bahaya napza, jenis-jenisnya, dan sanksi hukum bagi pengguna. Adapun Materi sosialisasi yang diberikan yaitu tentang bahaya napza dan dampak negatifnya. Metode dan media sosialisasi yang digunakan adalah metode ceramah dan alat yang digunakan adalah infokus. Tenaga penyuluh sosialisasi merupakan dari pihak BNNP Aceh, Kepolisian, BIN, dan Staf khusus bupati. Hasil evaluasi keberhasilan adalah sosialisasi yang diberikan selama ini sangat bagus, para peserta juga sudah memahami secara menyeluruh tentang bahaya napza dan efek negatif dari penggunaannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
000 Computer Science, Information and System > 001 Knowledge
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Sofia Rahmah Sofia
Date Deposited: 08 Mar 2021 03:08
Last Modified: 08 Mar 2021 03:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16285

Actions (login required)

View Item
View Item