Implementasi Akad Muḍārabah Pada Petani Pala Dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Warga Tani (Studi Kasus di Kecamatan Meukek Kabupaten Aceh Selatan)

Novi Wulandari, 140602022 (2019) Implementasi Akad Muḍārabah Pada Petani Pala Dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Warga Tani (Studi Kasus di Kecamatan Meukek Kabupaten Aceh Selatan). Skripsi thesis, UPT. PERPUSTAKAAN.

[thumbnail of Implementasi Akad Muḍārabah Pada Petani Pala Dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Warga Tani (Studi Kasus di Kecamatan Meukek Kabupaten Aceh Selatan)]
Preview
Text (Implementasi Akad Muḍārabah Pada Petani Pala Dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Warga Tani (Studi Kasus di Kecamatan Meukek Kabupaten Aceh Selatan))
Novi Wulandari, 140602022, FEBI, ES, 082370489649.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana praktik akad muḍārabah pada pertanian perkebunan pala di Kecamatan Meukek, Kabupaten Aceh Selatan dan untuk mengetahui pengaruh implementasi akad muḍārabah dalam upaya meningkatkan pendapatan warga tani. Jenis kuantitatif yaitu jenis penelitian yang datanya berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik, dengan menggunakan metode deskriptif, data disajikan dalam bentuk tabel. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik stratifed random sampling dan menghasilkan sampel sebanyak 30 responden. Responden yang diambil adalah para petani yang menggarap kebun pala yang berada di Kecamatan Meukek, Kabupaten Aceh Selatan. Uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian adalah uji validitas dan reliabilitas. Dan Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Regresi Linear Sederhana dengan alat bantu SPSS versi 17.0. Hasilnya Implementasi Akad Muḍārabah pada petani pala di Kecamatan Meukek memiliki bentuk yang beragam pada sistem pembagian hasil panen. Namun yang perlu diketahui bahwa bentuk sistem bagi hasil yang praktikkan warga Kecamatan Meukek sangat tergantung dari kesepakatan sistem bagi hasil yang akan dilaksanakan kedua belah pihak, dan sistem bagi hasil yang dipraktikkan sesuai dengan syariat Islam, yaitu sistem bagi hasil akad muḍārabah dan Implementasi Akad Muḍārabah berpengaruh signifikan terhadap Peningkatan Pendapatan Petani Pala di Kecamatan Meukek Kabupaten Aceh Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Farid Fathony Ashal, Lc., MA Pembimbing II : Husamuddin, Lc., M.A
Uncontrolled Keywords: Implementasi Akad Muḍārabah, petani pala dan pendapatan
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.242 Mudharabah (Bagi Hasil/Sirkah Modal dan Tenaga)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Novi Wulandari
Date Deposited: 08 Mar 2021 03:06
Last Modified: 08 Mar 2021 03:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16291

Actions (login required)

View Item
View Item