Pengelolaan Perpustakaan dalam Peningkatan Minat Baca di SMAN Seunagan Kabupaten Nagan Raya

Mela Sari, 160206007 (2021) Pengelolaan Perpustakaan dalam Peningkatan Minat Baca di SMAN Seunagan Kabupaten Nagan Raya. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Pengelolaan Perpustakaan dalam Peningkatan Minat Baca di  SMAN Seunagan Kabupaten Nagan Raya]
Preview
Text (Pengelolaan Perpustakaan dalam Peningkatan Minat Baca di SMAN Seunagan Kabupaten Nagan Raya)
Mela Sari, 160206007, FTK, MPI, 082315150941.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (20MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengelolaan perpustakaan dalam peningkatan minat baca di perpustakaan SMAN 1 Seunagan Kabupaten Nagan Raya.Adapun permasalahanny adalah buku yang diletakkan dilantai, ruangan yang sempit Penelitian ini dilakukan di perpustakaan SMAN 1 Seunagan Kabupaten Nagan Raya.Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah : untuk mengetahui bentuk layanan pengeloaan perpustakaan dalam peningkatan minat baca di perpustakaan perpustakaan SMAN 1 Seunagan Kabupaten Nagan Raya, untuk mengetahui efektivitas pengelolaan perpustakaan dalam peningkatan minat baca di perpustakaan SMAN 1 Seunagan Kabupaten Nagan Raya, untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam pengelolaan perpustakaan dalam peningkatan minat baca di perpustakaan perpustakaan SMAN 1 Seunagan Kabupaten Nagan Raya.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode-metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, kepala perpustakaan, staf perpustakaan dan siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara, teknis analisis data yang digunakan adalah tahap reduksi, meyajikan data, dan menarik kesimpulan Hasil penelitian ini menunjukakkan bahwa: Sistem layanan yang diterapkan adalah sistem pelyanan terbuka, meminjamkan buku kepada pengunjung, apabila kehilangan buku pengunjung wajib membayar sanksi sekitar rp. 50.000 atau mengganti buku yang hilang. Adapun bentuk program layanan yaitu dengan membagi jadwal tiap-tiap kelas yaitu Senin-Selasa untuk kelas 3, Rabu-Kamis untuk kelas 2, dan Jum’at-Sabtu untuk kelas 1.pengelolaan perpustakaan bersikap ramah, profesional, bersahabat, menyediakan sarana dan prasarana sesuai kebutuhn pemustaka. Adapun pengelolaan perpustakaan sudah berjalan dengan baik dan efektif. Adapun kendala-kendala yang dihadapi adalah: ruang yang sempit sehingga terbatas dalam bekerja, dana belum cukup umtuk membeli sarana dan prasarana perpustkaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
000 Computer Science, Information and System > 003 Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mela Sari Mela
Date Deposited: 08 Mar 2021 01:50
Last Modified: 08 Mar 2021 01:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16294

Actions (login required)

View Item
View Item