Peran Kepala Sekolah dalam Pelaksanaan Supervisi Administrasi Guru di SMA Negeri 1 Meureubo Aceh Barat

Lilis Wati, 160206073 (2020) Peran Kepala Sekolah dalam Pelaksanaan Supervisi Administrasi Guru di SMA Negeri 1 Meureubo Aceh Barat. Skripsi thesis, UPT. PERPUSTAKAAN.

[thumbnail of Peran Kepala Sekolah dalam Pelaksanaan Supervisi Administrasi Guru di SMA Negeri 1 Meureubo Aceh Barat]
Preview
Text (Peran Kepala Sekolah dalam Pelaksanaan Supervisi Administrasi Guru di SMA Negeri 1 Meureubo Aceh Barat)
Lilis Wati, 160206073, FTK, MPI, 082230322814.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kepala sekolah merupakan seorang pejabat yang profesional dalam organisasi sekolah yang bertugas mengatur dan mengawasi semua sumber daya yang ada di sekolah. Kepala sekolah mempunyai tantangan untuk dapat menjalankan pendidikan di sekolah agar lebih terarah.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui program, pelaksanaan, tindak lanjut dan hambatan-hambatan yang dihadapi oleh kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi administrasi guru untuk meningkatkan kinerja guru. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan jenis kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah dan guru. Data dianalisis dengan cara mereduksi, display, mengambil kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Peran kepala sekolah dianggap masih belum efektif karena supervisi diwakilkan pada guru senior, kurang tegas dalam melakukan supervise dan tidak membuat aturan yang baku pedoman khusus tentang supervisi. 2) Pelaksanaan supervisi dilakukan sebanyak 2 kali dalam satu tahun, jenis supervisi yang digunakan ialah supervisi akademik dan supervisi klinis dan tehnik yang digunakan adalah tehnik rapat dengan guru, diskusi, tehnik observasi kelas dan percakapan pribadi dengan guru yang bersangkutan yang dipanggil keruang kepala sekolah. 3) Kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan supervisi antara lain alokasi waktu, supervisi sebagai prioritas utama,dan adanya prioritas lain yang difokuskan oleh kepala sekolah yaitu masalah kebersihan lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Drs. Yusri M. Daud, M.Pd. Pembimbing II : Nurussalami, S.Pd.I, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Peran Kepala Sekolah, Supervisi Administrasi Guru
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 379 Isu kebijakan publik menyangkut pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Lilis Wati Lilis
Date Deposited: 08 Mar 2021 02:59
Last Modified: 08 Mar 2021 02:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16319

Actions (login required)

View Item
View Item