Analisis Persepsi Konversi Koperasi Syari’ah (Studi Kasus Pada Stakeholder Dan Anggota Koperasi Pegawai Republik Indonesia Beringin Pemerintah Kota Banda Aceh)

Thalita Latifa, 160602056 (2020) Analisis Persepsi Konversi Koperasi Syari’ah (Studi Kasus Pada Stakeholder Dan Anggota Koperasi Pegawai Republik Indonesia Beringin Pemerintah Kota Banda Aceh). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Analisis Persepsi Konversi Koperasi Syari’ah]
Preview
Text (Analisis Persepsi Konversi Koperasi Syari’ah)
Thalita Latifa, 160602056, FEBI, ES, 082370136721 , .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pemerintah Aceh sesuai dengan pelaksanaan syariat Islam mendorong semua koperasi yang ada di Aceh untuk beralih dari konvensional menjadi syariah sesuai dengan Qanun Aceh Nomor 11 Tahun 2018 tentang Lembaga Keuangan Syariah (LKS). Dan salah satu koperasi yang melakukan konversi adalah Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KP￾RI) Beringin Pemerintah Kota Banda Aceh. Selama melakukan konversi terdapat banyak perkembangan dari sektor keuangan manajemen dan keanggotaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi dan upaya stakeholder dan anggota dalam penguatan manajemen koperasi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, dan studi literatur. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan adalah terdapat perbedaan pendapat karena pengalaman yang dimiliki oleh pengurus koperasi serta terdapat juga perbedaan antar anggota berdasarkan intensitas partisipasi anggota terhadap kegiatan koperasi yang dilaksanakan. Serta telah dilakukan beberapa upaya peningkatan dengan menerapkan fungsi-fungsi manajemen seperti fungsi perencanaan, pengorganisasian, sosialisasi, dan pengawasan. Dimana fungsi-fungsi tersebut telah disesuaikan dengan hukum koperasi syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Zaki Fuad, M.Ag 2. Dara Amanatillah, M. ScFinn
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Konversi dan Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KP-RI) Beringin.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303 Proses sosial
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Thalita Latifa
Date Deposited: 09 Mar 2021 04:51
Last Modified: 09 Mar 2021 04:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16323

Actions (login required)

View Item
View Item