Penyusunan Butir-Butir Soal Kimia Bermuatan NilaI- Nilai Karakter pada Materi Koloid

Novita Mulia, 160208025 (2021) Penyusunan Butir-Butir Soal Kimia Bermuatan NilaI- Nilai Karakter pada Materi Koloid. Skripsi thesis, UPT. PERPUSTAKAAN.

[thumbnail of Penyusunan Butir-Butir Soal Kimia Bermuatan NilaI-Nilai Karakter pada Materi Koloid]
Preview
Text (Penyusunan Butir-Butir Soal Kimia Bermuatan NilaI-Nilai Karakter pada Materi Koloid)
Novita Mulia, 160208025, FTK, PKM, 082167190490.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian dan pengembangan butir soal bermuatan nilai-nilai karakter pada materi koloid dilaksanakan di SMA Negeri 8 Banda Aceh dilatarbelakangi oleh belum adanya soal yang bermuatan nilai karakter pada materi koloid. Dengan adanya soal yang bermuatan nilai karakter diharapkan siswa sadar akan dekatnya pembelajaran kimia dengan kehidupan kita sehari-hari. Siswa juga dapat menyadari kaitan konsep kimia dengan nilai sikap akhlakul karimah sehingga siswa diharapkan dapat mencontoh perilaku baik tersebut dalam kehidupan. Soal bermuatan nilai karakter dibuat dengan menganalisis silabus dan menentukan Kompetensi Dasar (KD) kurikulum 2013 revisi tahun 2013 pada materi koloid. Pada tahap berikutnya yaitu menyusun indikator dan menentukan nilai-nilai karakter yang diintegrasikan ke dalam butir soal kimia. Soal berkarakter yang telah disusun sebanyak 10 soal essay dengan 5 indikator. Nilai karakter yang telah ditanamkan sebanyak 5 yaitu nilai religius, rasa ingin tahu, cinta tanah air, peduli lingkungan dan toleransi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui validitas dan keterbacaan siswa pada soal bermuatan nilai-nilai karakter pada materi koloid dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan model Sugiyono. Penelitian ini menggunakan instrumen lembar validasi ahli sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan validasi dan hasil validasi kemudian dianalisis. Teknik analisis data keterbacaan soal menggunakan teknik cloze test. Berdasarkan hasil validasi butir soal bermuatan nilai karakter oleh ahli validasi adalah semua soal valid dengan adanya revisi, sedangkan hasil keterbacaan siswa yang diuji coba kepada 10 siswa diperoleh skor rata-rata persentase 89% dengan ketegori mudah dipahami oleh siswa. Dengan demikian butir soal bermuatan nila-nilai karakter dapat digunakan sebagai instrumen penilaian oleh guru dan diuji kepada siswa kelas XI SMA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Azhar Amsal, M.Pd Pembimbing II : Chusnur Rahmi, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Penelitian dan Pengembangan, Instrumen Tes, Butir Soal Bermuatan Nilai-Nilai Karakter, Koloid.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Novita Mulia
Date Deposited: 09 Mar 2021 03:22
Last Modified: 09 Mar 2021 03:22
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16328

Actions (login required)

View Item
View Item