Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas V MIN 4 Aceh Besar

Iin Nurhalizha, 201325204 (2017) Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas V MIN 4 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Pendidikan)
full skripsi iin nurhalizha pdf.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masalah yang penulis temukan di MIN 4 Aceh Besar. Permasalahan tersebut diperoleh dari hasil observasi dan pengamatan penulis di lapangan, dimana proses pembelajaran terlihat bahwa (1) Masih terdapat penggunaan metode mengajar ceramah di kelas, (2) Siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, (3) Tidak terjadi pembelajaran yang menyenangkan, (4) Pembelajaran kurang kreatif, (5) Kurang motivasi belajar untuk siswa, (6) Kurang pemberian kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan berpendapat, (7) Kurangnya penggunaan alat peraga yang kongkrit dalam pembelajaran, (8) Sering tidak menggunakan percobaan sederhana, (9) Kesulitan siswa dalam mengingat materi yang telah dipelajari, (10) Sebagian besar siswa harus mengikuti remedial ujian ulangan, (11) Kecil kemungkinan siswa untuk menjawab pertanyaan yang diberikan guru. Hal ini dipengaruhi oleh kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran. Seorang guru dalam mengajar selain menguasai bahan juga dituntut dapat mengajar dengan menggunakan metode-metode pembelajaran yang bervariasi sesuai dengan materi yang diajarkan. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran IPA adalah metode eksperimen, karena dengan metode eksperimen siswa dapat membuktikan sendiri kebenaran dari teori yang sedang dipelajari secara nyata, siswa lebih aktif untuk mencari dan menemukan sendiri berbagai jawaban atau persoalan yang dihadapinya dengan melakukan percobaan sehingga dengan demikian siswa akan mencapai hasil belajar yang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui aktivitas guru dengan menggunakan metode eksperimen, (2) Untuk mengetahui aktivitas siswa dengan menggunakan metode eksperimen, (3) Untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA di kelas V MIN 4 Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek siswa kelas Va MIN 4 Aceh Besar tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 15 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi (guru dan siswa) dan soal tes hasil belajar dengan menggunakan analisis rumus persentase. Berdasarkan hasil analisis data penelitian didapatkan bahwa (1) Aktivitas guru pada siklus I sebesar 73% berada pada (kategori baik), dan meningkat pada siklus II sebesar 82% (kategori baik sekali), (2) Aktivitas siswa pada siklus I sebesar 70% berada pada (kategori baik), dan meningkat pada siklus II sebesar 83% (kategori baik sekali), (3) Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 73% (kategori baik), dan meningkat pada siklus II sebesar 87% (kategori baik sekali). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode eksperimen pada pelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MIN 4 Aceh Besar sudah tercapai.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Eksperimen

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Mawardi, M.Pd 2. Misbahul Jannah, M.Pd, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Metode Eksperimen
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: iin nurhaliza
Date Deposited: 15 Nov 2017 08:20
Last Modified: 15 Nov 2017 08:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1633

Actions (login required)

View Item View Item
TOP