Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Blended Learning Berbantuan Media Bongkar Pasang Pada Materi Tatanama Senyawa di SMA Negeri 1 Bandar Baru

Nidia Hidayati, 160208010 (2021) Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Blended Learning Berbantuan Media Bongkar Pasang Pada Materi Tatanama Senyawa di SMA Negeri 1 Bandar Baru. Skripsi thesis, UPT. PERPUSTAKAAN.

[thumbnail of Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Blended Learning Berbantuan Media Bongkar Pasang  Pada Materi Tatanama Senyawa di SMA Negeri 1 Bandar Baru]
Preview
Text (Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Blended Learning Berbantuan Media Bongkar Pasang Pada Materi Tatanama Senyawa di SMA Negeri 1 Bandar Baru)
Nidia Hidayati, 160208010, FTK, PKM, 081234866227.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas melalui model Blended Learning berbantuan media bongkar pasang pada materi tatanama senyawa yang dilakukan di SMA Negeri 1 Bandar Baru dilatar belakangi oleh keterbatasan penggunaan media pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakan hanya berupa buku bacaan dan LKPD. Kemampuan guru menggunakan model pembelajaran yang tepat dalam proses belajar mengajar berperan penting untuk menciptakan belajar yang bermakna sehingga aktivitas dan hasil belajar siswa yang masih rendah dapat meningkat. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, mengetahui respon siswa dan peningkatan hasil belajar siswa terhadap model Bleded Learning berbantuan media bongkar pasang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang menggunakan model Blended Learning berbantuan media bongkar pasang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, tes hasil belajar dan angket. Hasil penelitian aktivitas guru mengalami peningkatan dengan persentase 84,37% pada siklus I dan 94,79% siklus II. Observasi aktivitas siswa siklus I 84,32%, pada siklus II 93,21%, aktivitas siswa selama kegiatan pembelajaran berada dalam kategori baik sekali. Nilai persentase respon siswa siklus I yaitu 91,15% dan siklus II terjadi peningkatan 92,31% dengan kategori sangat positif. Model pembelajaran Blended Learning berbantuan media bongkar pasang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi tatanama senyawa dan ketuntasan belajar siswa pada siklus I 53,84%, dan siklus II meningkat 84,61% dengan kategori baik sekali. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Blended Learning berbantuan media bongkar pasang dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, respon siswa dan hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Bandar Baru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: TebPembimbing I : Dr. H. Ramli Abdullah, M.Pd, Pembimbing II : Asnaini, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Aktivitas, Hasil Belajar, Blended Learning, Bongkar Pasang, Tatanama senyawa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Nidia Hidayati
Date Deposited: 09 Mar 2021 03:21
Last Modified: 09 Mar 2021 03:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16330

Actions (login required)

View Item
View Item