Tinjauan Hukum Islam Terhadap Penyalahgunaan Perizinan Rumah Menjadi Tempat Peribadatan Non Muslim (Studi Di Kabupaten Simeulue)

Zikri Ramadhan, 140104074 (2020) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Penyalahgunaan Perizinan Rumah Menjadi Tempat Peribadatan Non Muslim (Studi Di Kabupaten Simeulue). Skripsi thesis, UPT. PERPUSTAKAAN.

[thumbnail of Tinjauan     Hukum  Islam   Terhadap Penyalahgunaan Perizinan    Rumah  Menjadi   Tempat Peribadatan Non Muslim (Studi Di Kabupaten   Simeulue)]
Preview
Text (Tinjauan Hukum Islam Terhadap Penyalahgunaan Perizinan Rumah Menjadi Tempat Peribadatan Non Muslim (Studi Di Kabupaten Simeulue))
Zikri Ramadhan, 140104074, FSH, HPI, 081215542070.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan Syariat Islam di Aceh secara kaffah merupakan salah satu amanah Undang-Undang dan kekhususan yang diberikan oleh Pemerintah pusat untuk Aceh. penyalahgunaan perizinan rumah yang dijadikan tempat peribadatan non muslim di Kabupaten Simeulue masih belum diterapkannya aturan sebagai syarat- syarat untuk mendirkan rumah ibadah berdasarakan Peraturan Bersama Mentri Agama dan Mentri Dalam Negeri Nomor 9 dan Nomor 8 Tahun 2006 serta ketentuan dalam qanun Aceh Nomor 4 Tahun 2016 tentang pedoman pemeliharaan kerukunan umat beragama dan pendirian tempat ibadah. Permasalahan yang ada dalam skripsi ini, untuk mengetahui faktor penyebab terjadinya penyalahgunaan izin rumah yang dijadikan tempat peribadatan non muslim di Kabupaten Simeulue, dan bagaimana upaya penanggulangan tindak pidana penyalahgunaan izin rumah yang dijadijakan tempat peribadatan non muslim di Kabupaten Simeulue serta bagaimana pandangan hukum Islam terhadap perbuatan tersebut. Dalam hal persyaratan pendirian rumah ibadah bagi warga non muslim yang ada di Aceh belum terealisasikan secara maksimal, salah satunya terhadap rumah ibadah yang digunakan oleh warga non muslim yang di Kabupaten Simeulue. Adapun penelitian ini menggunakan metode kuantitatif atau lapangan (Field Research). Kemudian teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi ke Desa Suka karya, Kecamatan Simeulue Timur, Kabupaten Simeulue, wawancara langsung serta studi dokumentasi. Hasil penelitian penulis di lapangan, menyimpulkan bahwa penyalahgunaan izin rumah yang dijadikan tempat peribadatan non muslim di Kabupaten Simeulue secara umum berdampak negatif tehadap perkembangan keagamaan non muslim sehingga berefek kepada masyarakat. Dalam pandangan Islam penyelahgunaan izin rumah yang dijadikan tempat peribadatan non muslim di katagorikan sebagai jarimah ta’zir karena perbuatan tersebut telah melanggar hukum sehingga berimbas kepada masyarakat setempat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Prof. Dr. H. Al Rusydi Ali Muhammad, S.H. Pembimbing II : Dr. Irwansyah, M.Ag., MH.
Uncontrolled Keywords: Penyelahgunaan Izin Rumah, Warga Non Muslim, dan Hukum Islam.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.5 Hukum Pidana Islam (Jinayat) > 2X4.59 Aspek Hukum Pidana Islam Lainnya
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Pidana Islam
Depositing User: Zikri Ramadhan Zikri
Date Deposited: 09 Mar 2021 04:36
Last Modified: 09 Mar 2021 04:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16333

Actions (login required)

View Item
View Item