Hubungan Pola Asuh Otoriter dengan Kecenderungan Cinderella Complex pada Siswi SMAN 2 Timang Gajah Kabupaten Bener Meriah

Puteri Sakinah, 160901128 (2021) Hubungan Pola Asuh Otoriter dengan Kecenderungan Cinderella Complex pada Siswi SMAN 2 Timang Gajah Kabupaten Bener Meriah. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Hubungan Pola Asuh Otoriter dengan Kecenderungan Cinderella Complex pada Siswi SMAN 2 Timang Gajah Kabupaten Bener Meriah]
Preview
Text (Hubungan Pola Asuh Otoriter dengan Kecenderungan Cinderella Complex pada Siswi SMAN 2 Timang Gajah Kabupaten Bener Meriah)
Puteri Sakinah, 160901128, FIP, PSI, 082364938776.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Cinderella Complex merupakan suatu sikap dimana perempuan bergantung secara psikis, yang ditunjukan dengan adanya keinginan yang kuat untuk dirawat dan dilindungi orang lain terutama laki-laki, serta keyakinan bahwa akan ada orang lain yang akan menolongnya. Salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya Cinderella Complex adalah pola asuh otoriter, dimana orang tua yang mendominasi anak akan membuat anak menjadi ketergantungan dan tidak dapat menetukan pilihan sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh otoriter dengan kecenderungan cinderella complex pada siswi SMAN 2 Timang Gajah Kabupaten Bener Meriah. Hipotesis yang diajukan adalah adanya hubungan positif antara pola asuh otoriter dengan kecenderungan cinderella complex pada siswi SMAN 2 Timang Gajah Kabupaten Bener Meriah. Subjek dalam penelitian ini adalah 152 siswi SMAN 2 Timang Gajah Kabupaten Bener Meriah. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan model penelitian korelasi. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh. Skala yang digunakan adalah skala pola asuh otoriter dan skala kecenderungan cinderella complex. Metode analisis data yang digunakan adalah teknik korelasi Product Moment. Berdasarkan analisis data diperoleh nilai korelasi sebesar 0,377 dengan p= 0,000 (ƿ <0,05), artinya terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara pola asuh otoriter dengan kecenderungan cinderella complex yang berarti semakin tinggi pola asuh otoriter maka semakin tinggi kecenderungan cinderella complex pada siswi SMAN 2 Timang Gajah Kabupaten Bener meriah dan sebaliknya apabila semakin rendah rendah pola asuh otoriter maka semakin rendah kecenderungan cinderella complex pada siswi SMAN 2 Timang Gajah Kabupaten Bener Meriah.

Kata Kunci : Pola Asuh Otoriter, Cinderella Complex, Siswi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Rawdhah binti Yasa, M.Psi,Psikolog. Pembimbing II : Marina Ulfah, M.Psi, Psikolog.
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh Otoriter, Cinderella Complex, Siswi
Subjects: 100 Philosophy and Psychology
100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa)
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Puteri Sakinah Puteri
Date Deposited: 09 Mar 2021 04:56
Last Modified: 09 Mar 2021 04:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16343

Actions (login required)

View Item
View Item