Aktivitas Visual dan Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Gerak pada Manusia dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dan Media Audio Visual di MTsN 2 Aceh Besar

Riska Novianti, 140207141 (2020) Aktivitas Visual dan Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Gerak pada Manusia dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dan Media Audio Visual di MTsN 2 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of tentang Aktivitas Visual dan Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Gerak  pada Manusia dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dan Media Audio Visual]
Preview
Text (tentang Aktivitas Visual dan Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Gerak pada Manusia dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dan Media Audio Visual)
Riska Novianti, 140207141, FTK, PBL, 085372498708_unlocked.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (31MB) | Preview

Abstract

Penggunaan model dan media pembelajaran biologi yang tepat akan sangat membantu dalam berlangsungnya proses pembelajaran. Proses pembelajaran di MTsN 2 Aceh Besar masih menghadapi banyak kendala diantaranya, siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi yang dibelajarkan oleh guru karena model pembelajaran yang diterapkan belum bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII di MTsN 2 Aceh Besar pada materi sistem gerak pada manusia dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) dan media audio visual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah True Eksperimental Design dengan Pre-tes Pos-test Control Desingn. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII MTsN 2 Banda Aceh yang terdiri dari 7 kelas yaitu kelas VIII1, VIII2, VIII3, VIII4, VIII5, VIII6, VIII7. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII1 yang berjumlah 31 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII2 yang berjumlah 31 siswa sebagai kelas kontrol dengan cara random sampling, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa kelas eksperimen tergolong sangat aktif yaitu 81,6%, sedangkan aktivitas belajar siswa kelas kontrol tergolong aktif yaitu 69,16%. Analisis hasil belajar diperoleh thitung>ttabel (10,47>1,67) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dan media audio visual pada materi sistem gerak pada manusia di MTsN 2 Banda Aceh lebih baik dari pada aktivitas dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan metode konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Rizka Novianti Rizka
Date Deposited: 09 Mar 2021 03:02
Last Modified: 09 Mar 2021 03:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16348

Actions (login required)

View Item
View Item