Peningkatan Hasil Belajar PAI Murid Tunagrahita di SMPLB Aneuk Meutuah Kota Jantho melalui Lagu-lagu Islami

Mairika Maharani, 150201099 (2021) Peningkatan Hasil Belajar PAI Murid Tunagrahita di SMPLB Aneuk Meutuah Kota Jantho melalui Lagu-lagu Islami. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[img]
Preview
Text (Tentang Peningkatan Hasil Belajar PAI Murid Tunagrahita)
Mairika Maharani, 150201099, FTK, PAI, 082274009880.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik Tunagrahita kelas VIII dan IX pada mata pelajaran Agama Islam melalui penggunaan metode bernyanyi. Tunagrahita merupakan istilah yang digunakan untuk anak atau siswa disabilitas yang memiliki kemampuan Intelektual di bawah rata-rata. Skripsi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan “apakah metode bernyanyi dapat meningkatkan hasil belajar PAI pada peserta didik Tunagrahita?”. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (classroom action research). Yang terdiri dari empat tahap yaitu: tahap perencanaan, pelaksanaan (siklus I dan siklus II), observasi dan refleksi. Adapun teknik yang dipakai dalam pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pada tahap siklus I ketuntasan klasikal peserta didik berada pada tahap rendah yaitu 33.3 %. Dan pada tahap siklus II terjadi peningkatan cukup tinggi dari hasil belajar peserta didik dengan ketuntasan klasikal mencapai 83.3% dengan nilai rata-rata 80. Hanya 1 siswa yang mendapat nilai dibawah KKM. Observasi aktivitas yang peneliti lakukan pada peserta didik Tunagrahita juga mengalami peningkatan. Hasil observasi aktivitas peserta didik pada tahap siklus I dapat dikategorikan cukup memuaskan yaitu 74.28%. Dan pada tahap siklus II terjadi peningkatan yaitu 85.71%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa metode bernyanyi dapat meningkatkan hasil belajar PAI pada siswa Tunagrahita di SMPLB Aneuk Meutuah Kota Jantho.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mairika Maharani Mairika
Date Deposited: 10 Mar 2021 02:47
Last Modified: 10 Mar 2021 02:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16353

Actions (login required)

View Item View Item
TOP