Analisis Keaktifan Belajar Selama Pembelajaran Daring pada Masa Covid-19 di MIN 19 Aceh Selatan

Muhadir, 140209131 (2021) Analisis Keaktifan Belajar Selama Pembelajaran Daring pada Masa Covid-19 di MIN 19 Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Tentang Analisis Keaktifan Belajar Selama Pembelajaran Daring pada Masa Covid-19]
Preview
Text (Tentang Analisis Keaktifan Belajar Selama Pembelajaran Daring pada Masa Covid-19)
Muhadir, 140209131, FTK, PGMI, 085270244126.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan field research yang dilakukan di MIN 19 Kabupaten Aceh Selatan. Latar belakang penulis melakukan penelitian ini adalah karena pandemic covid-19 yang sedang melanda seluruh belahan dunia termasuk ke Indonesia dan Aceh, maka kegiatan pembelajaran sejak Maret 2020 tidak lagi dilakukan dengan tatap muka, tapi mengikuti anjuran pemerintah yaitu melalui pembelajaran daring. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui keaktifan proses belajar melalui pembelajaran daring dalam masa covid-19 di MIN 19 Aceh Selatan. Kemudian untuk mengetahui faktor penghambat proses belajar melalui pembelajaran daring dalam masa covid-19 di MIN 19 Aceh Selatan. Dan untuk mengetahui upaya yang dilakukan dalam mengatasi kendala pembelajaran daring di MIN 19 Aceh Selatan. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu dengan cara observasi, dokumentasi dan wawancara. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran daring di MIN 19 Aceh Selatan kurang aktif karena kendala-kendala berupa peserta didik yang tidak fokus dengan sistem pembelajaran daring, kurangnya fasilitas belajar daring seperti internet dan lain sebagainya, kemudian juga tidak siapnya wali murid dan guru dalam menghadapi pembelajaran daring tersebut. Adapun upaya untuk mengatasi kendala itu adalah dengan cara pemerintah memberikan fasilitas yang memadai kepada sekolah, dan orang tua serta guru harus menyiapkan diri mereka dengan segala kebutuhan pembelajaran peserta didik di era modern.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muhadir Muhadir
Date Deposited: 10 Mar 2021 02:49
Last Modified: 10 Mar 2021 02:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16354

Actions (login required)

View Item
View Item