Pengelolaan Kelas Dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Daring SMAN 1 Kembang Tanjong

Munawar, 160206099 (2021) Pengelolaan Kelas Dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Daring SMAN 1 Kembang Tanjong. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, UPT. PERPUSTAKAAN.

[thumbnail of Pengelolaan Kelas Dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Daring SMAN 1 Kembang Tanjong]
Preview
Text (Pengelolaan Kelas Dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Daring SMAN 1 Kembang Tanjong)
Munawar, 160206099, FTK, MPI, 082211735439.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa penyebab indisipliner administrasi peserta didik dalam pembelajaran secara daring, disebabkan oleh sarana pembelajaran tidak memadai baik dari guru dan siswa. Peneliti mendapatkan permasalahan dari hasi lobservasi di sekolah terhadap pendidik dan peserta didik yakni terdapat indisipliner yaitu: terlambat absen, siswa mengantuk, siswa main game disaat pembelajaran berlangsung tidak aktif dalam kelompok, sering tidak menyiapkan media pembelajaran, tidak mematuhi peraturan, mematikan camera hp di saat belajar dengan google meet/classroom, tidak mengumpul tugas, siswa tidak menggunakan nama asli, yang dilakukan peser tadidik di saat pembelajaran daring. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti akan memberikan solusi untuk meningkatkan disiplin belajar daring peserta didik. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi bentuk indisipliner yang merancang langkah-langkah pengelolaan kelas secara daring di SMAN 1 Kembang Tanjong, serta untuk mengetahui respon guru dan siswa terhadap pengelolaan kelas daring menggunakan model pengembangan 4D sehingga dapat mengetahui efektifitas pengelolaan kelas daring. Tahap-tahap yang dilakukanya itu tahap pendefinisian (difine), tahap perencanaan (design), tahap pengembangan (development), dan tahap penyebaran (disseminate). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan angket. Validasi dilakukan oleh ahli pembelajaran online, untuk responnya guru dan siswa. Berdasarkan hasil validasi tahap kualitas isi diperoleh skor rata-rata 82,63% dengan kriteria “sangat sesuai atau sangat layak”. Berdasarkan hasil penelitian respon guru terhadap pengelolaan kelas diperoleh rata-rata skor sebesar 4 dimana x > 3,25 dengan kriteria “sangat baik”. Pada respon peserta didik diperoleh rata-rata skor sebesar 3,9 dimana x > 3,25 dengan kriteria “baik”. Berdasarkan penilaian tersebut maka pengelolaan kelas daring dapat dijadikan pedoman
dalam menangani indispliner peserta didik dalam pembelajaran secara daring.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined])
Additional Information: Pembimbing I : Lailatussaadah, M.Pd. Pembimbing II : Ainul Mardhiah, MA.Pd
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Kelas, Disiplin Belajar, Indisipliner, Peserta Didik
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3205 Disiplin Sekolah
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3208 Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 10 Mar 2021 02:41
Last Modified: 10 Mar 2021 02:41
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16360

Actions (login required)

View Item
View Item