Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan di TK FKIP Unsyiah Darussalam Banda Aceh

Armida Wati, 160206011 (2021) Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan di TK FKIP Unsyiah Darussalam Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan di TK FKIP Unsyiah Darussalam Banda Aceh]
Preview
Text (Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan di TK FKIP Unsyiah Darussalam Banda Aceh)
Armida Wati, 160206011, FTK, MPI, 085361912549.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kepemimpinan adalah sebuah proses di dalam mengarahkan, membimbing, mempengaruhi, atau mengawasi pikiran dan perasaan dan tindakan serta tingkah laku dari orang lain. Latar belakang dari penelitian ini yaitu bahwa setiap sekolah memiliki yang namanya sarana dan prasarana baik itu sarana prasarana yang memadai ataupun sarana prasarana yang tidak memadai. Sarana dan prasarana tersebut perlu dikelola dengan baik untuk kepentingan proses pembelajaran di lembaga sekolah dan diperlukannya seorang pemimpin yang bijak dan bisa mengelola semua sarana dan prasarana itu dengan baik. Pemimpin itu yang merupakan faktor utama serta penentu dalam kesuksesan ataupun gagalnya sebuah organisasi dan usaha baik itu di dalam dunia bisnis maupun dalam dunia pendidikan.TK FKIP Unsyiah sarana dan prasarana kurang mencukupi dan tidak memadai akan tetapi tetap membuat para siswa bisa belajar nyaman dan sering mendapatkan prestasi. Penelitian bertujuan untuk mengetahui peran kepemimpinan dari kepala sekolah, kepemimpinan kepala sekolah dalam pengelolaan sarana dan prasarana, dan mengetahui kendala yang dihadapi oleh kepala sekolah di dalam pengelolaan sarana dan prasarana sekolah di TK FKIP Unsyiah. Pada dasarnya metode penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah metode kualitatif. lalu untuk penyajian datanya dilakukan tiga tahapan, yaitu: reduksi data, penyajian data,dan penyimpulan data. Adapun tehnik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, serta dokumentasi. Hasil penelitian: (1)peran kepemimpinan kepala sekolah di TK FKIP Unsyiah yaitu sebagai seorang manajer, kepala sekolah mampu menjadi seorang pemimpin agar mencapai Visi dan Misi dari sekolah tersebut (2)pengelolaan sarana dan prasarana yang dilakukan di TK FKIP Unsyiah yaitu sudah berjalan dengan bagus mulai dari perencanaan, pengadaan, pemakaian, pemeliharaan, inventarisasi dan sampai dengan penghapusan sarana dan prasarana pendidikan (3) kendala yang dihadapi oleh kepala sekolah di dalam pengelolaan sarana dan prasarana yaitu adanya dari faktor internal dan faktor eksternal

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Armida Wati Mida
Date Deposited: 10 Mar 2021 02:39
Last Modified: 10 Mar 2021 02:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16364

Actions (login required)

View Item
View Item