Hubungan Kesepian Dengan Pengungkapan Diri Di Whatsapp Story Pada Dewasa Awal Yang Belum Menikah di Kota Banda Aceh

Murtala, 150901141 (2021) Hubungan Kesepian Dengan Pengungkapan Diri Di Whatsapp Story Pada Dewasa Awal Yang Belum Menikah di Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Hubungan Kesepian Dengan Pengungkapan Diri Di Whatsapp Story Pada Dewasa Awal Yang Belum Menikah di Kota Banda Aceh]
Preview
Text (Hubungan Kesepian Dengan Pengungkapan Diri Di Whatsapp Story Pada Dewasa Awal Yang Belum Menikah di Kota Banda Aceh)
Murtala, 150901141, PSI, FPS, 082249436355._unlocked.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Pengungkapan diri melalui jejaring sosial online terutama di WhatsApp Story merupakan perilaku individu yang memberikan informasi mengenai perasaan, pikiran dan aktivitas yang dilakukan secara tidak langsung. Pengungkapan diri dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah faktor kesepian. Kesepian hampir di alami oleh setiap individu dewasa awal, terutama dewasa awal yang belum menikah. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui Hubungan Kesepian Dengan Pengungkapan Diri di Whatsapp Story Pada Dewasa Awal Yang Belum Menikah di Kota Banda Aceh. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini seluruh dewasa awal di Kota Banda Aceh dengan jumlah sampel sebanyak 211 sampel berada pada rentang usia 20-40 tahun. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala kesepian berdasarkan Burns (1985) dan Skala Pengungkapan Diri berdasarkan teori Hargie (2011). Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara Kesepian dengan Pengungkapan Diri di WhatsApp Story Pada Dewasa Awal Yang Belum Menikah Di Kota Banda Aceh dengan nilai rhitung = 0,438 merupakan korelasi positif dan signifikansi p= 0,000 (p <0,05). Artinya semakin tinggi kesepian maka semakin tinggi pula pengungkapan diri di WhastAap Story pada dewasa awal yang belum menikah di Kota Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Murtala Murtala
Date Deposited: 10 Mar 2021 03:49
Last Modified: 10 Mar 2021 03:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16368

Actions (login required)

View Item
View Item