Analisis Implementasi Aplikasi Pembelajaran Interaktif Membaca Menulis Berhitung Berbasis Android Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model

Hidayatus Saidah, 160212059 (2021) Analisis Implementasi Aplikasi Pembelajaran Interaktif Membaca Menulis Berhitung Berbasis Android Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model. Skripsi thesis, UPT Perpustakaan UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Media Pembelajaran interaktif membaca menulis dan berhitung]
Preview
Text (Media Pembelajaran interaktif membaca menulis dan berhitung)
Analisis Implementasi Aplikasi Pembelajaran Interaktif Membaca Menulis Berhitung Berbasis Android Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kemajuan teknologi smartphone memberikan pengaruh dalam bidang pendidikan terutama pada media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi. Berdasarkan hasil wawancara di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Paya Laba, masih ada siswa yang kesulitan dalam menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi, mulai dari kemampuan mengoperasikan, peralatan, kebiasaan, manfaat dan yang lainnya. Untuk mengukur tingkat penerimaan penggunaan penerapan aplikasi pembelajaran interaktif terhadap kemampuan membaca, menulis dan berhitung di SDN Paya Laba dapat dilakukan dengan metode teoritis yang dapat menggambarkan tingkat penerimaan teknologi yaitu Technology Acceptance Model (TAM). penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pembelajaran interaktif membaca, menulis, berhitung berbasis aplikasi android terhadap penggunaan aplikasi tersebut sehingga dapat diterima oleh pengguna. Pengujian dilakukan dengan mengukur pengaruh antar variabel pada model TAM yaitu Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness, Attitude towarrds Using Technology, Behavioral Intention to Use, Actual Technology Use. Data dalam penelitian ini diperoleh dari kuesioner yang diisikan oleh para responden. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Structural Equation Modeling berbasis Partial Least Square (PLS-SEM) menggunakan aplikasi smartPLS. Tahapan analisis data dimulai dari perancangan model struktural, perancangan model pengukuran, evaluasi model pengukuran, evaluasi model struktural, dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian berdasarkan tujuh hipotesis yang diajukan, terdapat enam hipotesis dinyatakan diterima dan satu hipotesis dinyatakan ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Hidayatus Saidah Hida
Date Deposited: 10 Mar 2021 03:19
Last Modified: 10 Mar 2021 03:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16370

Actions (login required)

View Item
View Item