Implementasi Aplikasi Mind Mapping Melalui Pembelajaran Jarak Jauh Mata Kuliah Sejarah Peradaban Islam Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Dan Daya Tangkap Pada Mahasiswa PTI Angkatan 2016 Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Inda Mitri Muliani, 160212051 (2021) Implementasi Aplikasi Mind Mapping Melalui Pembelajaran Jarak Jauh Mata Kuliah Sejarah Peradaban Islam Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Dan Daya Tangkap Pada Mahasiswa PTI Angkatan 2016 Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Skripsi thesis, UPT Perpustakaan UIN Ar-Raniry.

[img]
Preview
Text (Implementasi Aplikasi Mind Mapping Melalui Pembelajaran Jarak Jauh)
Implementasi Aplikasi Mind Mapping Melalui Pembelajaran Jarak Jauh Mata Kuliah Sejarah Peradaban Islam Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Dan Daya Tangkap Pada Mahasiswa PTI Angkatan 2016 Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Aplikasi Mind Mapping merupakan salah satu alternative pemecahan masalah dalam proses belajar mengajar dan mencapai rangka mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Dimana aplikasi mind mapping ini dirancang untuk mempermudah dan mempersingkat materi pembelajaran sesuai kreatifitas peserta didik, mudah dalam pembuatannya dan relative murah karena tidak membutuhkan bahan baku selain alat penyimpanan data. Dengan terjadinya pembelajaran jarak jauh mind mapping ini sangat membantu pengajar dalam menjelaskan materi yang diajarkan. Adapun tujuan penelitian ini antara lain : 1) Mengetahui implementasi aplikasi mind mapping untuk mata kuliah sejarah peradab islam melalu pembelajaran jarak jauh. 2) Mengetahui pengaruh peningkatan hasil belajar mahasiswa menggunakan aplikasi mind mapping. Untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap penerapan aplikasi mind mapping pada mata kuliah sejarah peradaban islam, penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa PTI angkatan 2016 terdiri dari 81 orang. Dari hasil analisis uji t bahwa bahwa nilai thitung sebesar 2.086 > ttabel 1.993, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat diartikan bahwa terdapat peningkatan Hasil Belajar mahasiswa PTI angkatan 2016 terhadap penggunaan Aplikasi Mind Mapping pada pembelajaran Sejarah Peradaban Islam. Sedangkan pada analisis regresi linier sedarhana bahwa Nilai signifikansi diperoleh sebesar 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel hasil belajar (X) berpengaruh terhadap variabel daya tangkap (Y). Jika berdasarkan nilai t maka nilai thitung sebesar 4.302 > ttabel 1.994, maka dapat disimpulkan bahwa variabel hasil belajar (X) berpengaruh terhadap variabel daya tangkap (Y). Respon mahasiswa setelah mengikuti pembelajaran sejarah peradaban islam menggunakan aplikasi mind mapping diperoleh hasil persentase sangat setuju adalah sebesar 53,71% yang menunjukkan bahwa mahasiswa tertarik dengan pembelajaran menggunakan aplikasi mind mapping.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Inda Mitri Muliani Inda
Date Deposited: 10 Mar 2021 03:05
Last Modified: 10 Mar 2021 03:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16373

Actions (login required)

View Item View Item
TOP