Komunikasi Visual Foto Jurnalistik Komunitas Pewarta Foto Indonesia Aceh (PFIA) (Studi pada Foto Berita Terkait Virus Corona)

Samsul Bahri, 160401115 (2020) Komunikasi Visual Foto Jurnalistik Komunitas Pewarta Foto Indonesia Aceh (PFIA) (Studi pada Foto Berita Terkait Virus Corona). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Tentang Komunikasi Visual Foto Jurnalistik Komunitas Pewarta Foto Indonesia Aceh (PFIA)]
Preview
Text (Tentang Komunikasi Visual Foto Jurnalistik Komunitas Pewarta Foto Indonesia Aceh (PFIA))
Samsul Bahri, 160401115, FDK, KPI, 082167306909.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul ”Komunikasi Visual Foto Jurnalistik Komunitas Pewarta Foto Indonesia Aceh (PFIA) (Studi Pada Foto Berita Terkait Virus Corona)”. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui komunikasi visual pada prodak komunitas pewarta foto Indonesia Aceh dalam pemberitaan virus corona. Penelitian ini menggunakan teori Semiotika Roland Barthes dengan metode kualitatif, yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah Chaider Mahyuddin/AFP wartawan foto komunitas pewarta foto Indonesia Aceh. Dan objek terhadap penelitian ini tentang komunikasi visual foto jurnalistik komunitas pewarta foto Indonesia Aceh terkait virus corona sebanyak lima belas foto berita. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui dokumentasi, wawancara dan observasi. Dari hasil penelitian ini adalah bertumpu pada makna visualisasi yang terkandung dari foto berita terkait Covid-19. Tentang pencegahan virus corona dan menyampaikan sebuah informasi mengenai suatu bencana pandemi Covid-19 secara universal. Melalui foto-foto ini, terlihat jelas bagaimana kondisi masyarakat saat ini secara umum yang dirasakan adalah khawatir, tampak cemas, panik dan ketakutan karena telah berlangsung sejak awal tahun hingga kini masih belum berakhir. Fotografer dalam penyampaian pesan atau informasinya, tidak menggunakan manipulasi foto yang mengakibatkan perubahan makna pada foto itu sendiri. Foto-foto tersebut menunjukkan bagaimana realita yang terjadi di publik. Dalam tahap ini fotografer ingin memberikan informasi kepada masyarakat secara akurat tanpa adanya rekayasa dan opini visual. Dengan gambaran mengenai kondisi pada saat ini dan menyampaikan pesan kepada masyarakat melalui visual foto bahwa pandemi virus corona yang di alami saat ini merupakan sebuah peringatan dari Tuhan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.26 Komunikasi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: 160401115 Samsul Bahri
Date Deposited: 12 Mar 2021 02:14
Last Modified: 12 Mar 2021 02:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16381

Actions (login required)

View Item
View Item