Gerakan Mahasiswa dalam Menentang Pertambangan PT Emas Mineral Murni di Beutong Ateuh Banggalang

Yatimah, 150801006 (2020) Gerakan Mahasiswa dalam Menentang Pertambangan PT Emas Mineral Murni di Beutong Ateuh Banggalang. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Yatimah, 150801006, FISIP, Ipol, 082365402708.pdf]
Preview
Text
Yatimah, 150801006, FISIP, Ipol, 082365402708.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengangkat tema Gerakan Mahasiswa Dalam Menentang Pertambangan Pt Emas Mineral Murni Di Beutong Ateuh Banggalang. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sebuah wewenang atau kekuatan kekuasaan pemerintah dengan elit modal dalam menentukan kebijakan pemberian izin usaha pertambangan PT. Emas Mineral Murni (PT EMM) di Beutong Ateuh Banggalang yang berdampak buruk pada masyarakat. Penelitian ini Menggunakan kajian gerakan mahasiswa. Analisis gerakan mahasiswa menggunakan teori gerakan sosial dan gerakan mahasiswa oleh David Aberle dan beberapa teori gerakan sosial lainnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Dalam penelitian ini, metode pengumpulan data yang dipakai yaitu data primer dan sekunder. Analisis data mengunakan observasi, wawancara dalam dan dokumentasi, dan penyajian Penelitian mngunakan metode kualitatif deskriptif.
Hasil analisis peneliti terdapat Gerakan Mahasiswa Dalam Menentang Pertambangan PT Emas Mineral Murni Di Beutong Ateuh Banggalang muncul disebabkan oleh kebijakan pemerintah yang merugikan masyarakat Beutong Ateuh Banggalang dengan adanya Izin Usaha Pertambangan Operasi Produksi PT Emas Mineral Murni.adanya gerakan sosial yang di lakukan oleh mahasiswa untuk menjadi peran penuntut keadilan terhadap masyarakat di Beutong Ateuh Banggalang. Jika pertambangan PT Emas Mineral Murni berada di Beutong Ateuh Banggalang banyak dampak yang diterima oleh masyarakat baik dari lingkungan hidup manusia dan juga ekosistem laouser diaceh yang terkena dampak. Dalam penelitian ini terdapat beberapa gerakan mahasiswa baik secara diskusi, kampanye media dan demontrasi tingkat nasional dan pencapaian yang didapatkan oleh gerakan mahasiswa sehingga dapat merubah sebuah kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah. Bentuk tuntutasnya adalah menginginkan pemerintah pusat membatalkan 1) Izin Usaha Pertambangan PT Emas Mineral Murni 10.000 Ha memasuki kawasan permukiman. 2) Izin Usaha Pertambangan PT Emas Mineral Murni tidak sesuai dengan amdal. 3) prosuder perizinan melakahi peraturan daerah Aceh. Dan pencapaian dari gerakan mahasiswa Dengan adanya putusan dari Mahkamah agung mencabut izin PT EMM mengeluarkan putusan kasasi Nomor 91 K/TUN/LH/2020 maka secara otomatis membatalkan keputusan pengadilan tinggi TUN Jakarta Nomor 192/B/LH/2019/PT.TUN.JKT

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Gerakan sosial, Gerakan mahasiswa, kebijakan, Deskriptif
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Politik
Depositing User: Yatimah Yatimah
Date Deposited: 15 Mar 2021 02:30
Last Modified: 15 Mar 2021 02:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16386

Actions (login required)

View Item
View Item