Pengaruh Pendekatan Open-Ended terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa

Latipah Hanum, 160205025 (2021) Pengaruh Pendekatan Open-Ended terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Skripsi thesis, UPT. PERPUSTAKAAN.

[thumbnail of Pengaruh Pendekatan Open-Ended terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa]
Preview
Text (Pengaruh Pendekatan Open-Ended terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa)
Latipah Hanum, 160205025, FTK, PMA, 082252900277.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep merupakan salah satu kemampuan yang sangat penting yang harus dimiliki oleh siswa. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa masih tergolong rendah, sehingga dibutuhkan suatu pendekatan pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Salah satu alternatif pendekatan pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep adalah pendekatan Open-Ended pada pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan Open-Ended dan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran non Open-Ended. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen dengan desain control group pre- test post-test design. Pengambilan sampel dilakukan secara acak atau Simple Random Sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Blangkejeren. Pada penelitian ini sampelnya terdiri dari dua kelas yaitu VIII-B sebagai kelas eksperimen dan VIII-A sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan pemahaman konsep. Setelah pengolahan data statistik uji- t pihak kanan. Hal ini berarti bahwa terima H1 dan tolak H0. Berdasarkan hasil uji-t tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan dengan pendekatan Open-Ended lebih baik daripada kemampuan pemahaman
konsep matematis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran non Open-Ended.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Drs. Hasan Munir, M.Pd. Pembimbing II : Susanti, S.Pd.I., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Open-Ended, Kemampuan Pemahaman Konsep
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Latipah Hanum
Date Deposited: 15 Mar 2021 03:16
Last Modified: 15 Mar 2021 03:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16393

Actions (login required)

View Item
View Item