Mengukur Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Bimbingan Konseling (E-Bk) Menggunakan System Usability Scale (SUS) Di SMK Negeri 1 Banda Aceh

Riza Ulfa, 160212097 (2021) Mengukur Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Bimbingan Konseling (E-Bk) Menggunakan System Usability Scale (SUS) Di SMK Negeri 1 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[img]
Preview
Text (Mengukur Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Bimbingan Konseling (E-Bk) Menggunakan System Usability Scale (SUS) Di SMK Negeri 1 Banda Aceh)
Riza Ulfa, 160212097, FTK, PTI, 085213896242.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB) | Preview

Abstract

Dengan adanya sistem informasi berbagai proses kegiatan dapat dimudahkan sehingga perkembangan teknologi memegang peran penting sebagai solusi kelancaran aktivitas di berbagai bidang seperti lembaga pendidikan yang ikut tergerak menerapkannya. pengukuran sistem informasi sangat diperlukan untuk mengetahui sejauh mana sebuah sistem dapat digunakan oleh pengguna dalam konteks efektivitas, efisiensi dan kepuasan. Pertanyaan penelitian pada skripsi ini adalah berapa hasil pengukuran tingkat kepuasan pengguna dari sistem informasi bimbingan konseling (E-BK). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode kuesioner System Usability Scale (SUS) yang digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna sistem informasi menurut sudut pandang subyektif penggunanya. Hasil penelitian menemukan bahwa sistem informasi E-BK adalah sistem informasi yang digunakan untuk membantu kerja guru dalam proses pembelajaran dan bimbingan kepada siswa di SMKN 1 Banda Aceh. Ditinjau dari penggunanya sistem E-BK belum dilakukan pengukuran kepuasan dari pengguna. Hasil pengukuran terhadap 40 pengguna didapat skor rata-rata 71 Dengan acceptability ranges “Acceptable” dan range “High”.Dengan grade scale masuk ke dalam kelas “C”.dan pada model adjective ratings “good”. Hasil ini menunjukkan bahwa sistem informasi bimbingan konseling (E-BK) dapat diterima oleh penggunanya dan telah berada diatas standar nilai rata rata kegunaan sistem yang telah ditetapkan. Hasil ini dapat memotivasi pengembang sistem dalam meningkatkan efektivitas sistem lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
000 Computer Science, Information and System > 003 Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Riza Ulfa Riza
Date Deposited: 12 Mar 2021 02:09
Last Modified: 12 Mar 2021 02:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16396

Actions (login required)

View Item View Item
TOP