Pengelolaan Sistem Informasi Manajemen dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran di SMA Negeri 1 Teunom Aceh Jaya

Marlis, 160206105 (2021) Pengelolaan Sistem Informasi Manajemen dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran di SMA Negeri 1 Teunom Aceh Jaya. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Pengelolaan Sistem Informasi Manajemen dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran di SMA Negeri 1 Teunom Aceh Jaya]
Preview
Text (Pengelolaan Sistem Informasi Manajemen dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran di SMA Negeri 1 Teunom Aceh Jaya)
Marlis, 160206105, FTK, MPI, 082166702685.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (23MB) | Preview

Abstract

Kepala sekolah sebagai pemimpin disekolah yang mempunyai kewajiban dalam mengelola dan melaksanakan tugasnya untuk meningkatkan kualitas pembelajarandisekolah. Pemimpin yang sukses dapat dilihat dari kemampuannya dalam melakukan perencanaan bagi lembaga dan bawahan yang dipimpinnya. Seorang kepala sekolah harus menyadari bahwa keberhasilan sekolah sangat dipengaruhi oleh perencanaan yang matang seperti sarana dan prasarana dan kualitas guru dalam merencanakan pembelajaran. Perencanaan pengelolaan pembelajaran bukan hanya ditinjau dari proses pelaksanaan pembelajaran, tetapi sarana dan prasarana yang mendukung pembelajaran harus difasilitasi sebaik mungkin. Dengan demikian, peningkatan kualitas pembelajaran dapat diterapkan dengan baik. Tujuan penelitian iniuntuk mengetahui perencanaan pengelolaan sistem informasi manajemen dalam peningkatan kualitas pembelajaran di SMA negeri 1 Teunom Aceh Jaya, untuk mengetahui pelaksanaan pengelolaan sistem informasi manajemen dalam peningkatan kualitas pembelajaran di SMA Negeri 1 Teunom Aceh Jaya, untuk mengetahui hambatan pengelolaan sistem informasi manajemen dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMA Negeri 1 Teunom Aceh Jaya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif.Subjek penelitian adalah kepala sekolah dan guru.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan dan perencanaan kepala sekolah dalam peningkatan kualitas pembelajaran di SMA Negeri 1 Teunom Aceh Jaya sudah terlaksanakan namun belum maksimal. Dengan adanya pengelolaan dan perencanaan kepala sekolah dapat memberikan arahan kepada guru kedepannya dalam proses peningkatan kualitas pembelajaran sehingga dapat memberikan kelancaran dan kemudahan dalam proses pembelajaran. SMA Negeri 1 Tunom Aceh Jaya memastikan perencanaan yang seksama dan matang terlebih dahulu sebelum menyajikan suatu sistem informasi manajemennya. Setelah melakukan pengelolaan tersebut SMA Negeri 1 Teunom memperhatikan kesesuaian dengan sistem informasi yang relevan dengan tuntutan kondisi, situasi, dan kebutuhan masyarakat serta dapat meningkatkan aksestabilitas informasi yang dipaparkan, kemudian memperhatikan komitmen dari penyedia informasi dan kelengkapan tiga komponen penting yaitu sumber daya yang ahli, dana yang cukup serta dukungan dari masyarakat maupun guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
000 Computer Science, Information and System > 003 Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Marlis Marlis
Date Deposited: 16 Mar 2021 03:37
Last Modified: 16 Mar 2021 03:37
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16410

Actions (login required)

View Item
View Item