BPSDM (Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia) Aceh Dalam Pemberitaan Media Massa (Studi Pada Harian Serambi Indonesia)

Raudhatul Hikmah, 160401108 (2020) BPSDM (Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia) Aceh Dalam Pemberitaan Media Massa (Studi Pada Harian Serambi Indonesia). Skripsi thesis, UPT. PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text (BPSDM (Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia) Aceh Dalam Pemberitaan Media Massa (Studi Pada Harian Serambi Indonesia))
Raudhatul Hikmah, 160401108, FDK, KPI, 082274712298.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “BPSDM Aceh dalam Pemberitaan Media Massa (Studi pada Harian Serambi Indonesia)” ini, mengkaji tentang bagaimana Serambi Indonesia memberitakan tentang BPSDM Aceh dalam hal proses dan penggunaan bahasa jurnalistik. Serambi Indonesia merupakan media massa paling populer saat ini di Aceh. Serambi Indonesia juga menjadi salah satu kiblat bagi media massa lainnya yang ada di Aceh dalam menyampaikan berita-berita kepada masyarakat luas. Sehingga perlu untuk mengkaji bagaimana proses pemberitaan dan penggunaan bahasa jurnalistik oleh media besar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi dan wawancara dengan Manajer Newsroom Serambi Indonesia. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu Serambi Indonesia memberitakan BPSDM Aceh secara adil, yakni dengan membuat pemberitaan dari sisi positif maupun sisi negatif. Sehingga masyarakat mendapatkan informasi secara aktual dan berimbang. Dalam hal penggunaan bahasa jurnalistik, Serambi Indonesia belum mengikuti aturan kaidah penggunaan bahasa jurnalistik dengan benar yaitu seperti, padat, sederhana, populis, menghindari kata dan istilah asing, dan jernih. Dalam konsep komunikasi Islam, Harian Serambi Indonesia juga belum menggunakan bahasa yang sesuai konsep dakwah, yaitu Qaulan Sadida, Qaulan Maysura, Dan Qaulan Ma’rufa. Sehingga masih ditemukan beberapa kata yang menggunakan istilah yang sulit untuk dipahami oleh sebagian kalangan pembaca.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: BPSDM Aceh, Pemberitaan, Harian Serambi Indonesia.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.5 Pers Islam > 2X7.51 Media Berita
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Raudhatul Hikmah
Date Deposited: 16 Mar 2021 03:39
Last Modified: 16 Mar 2021 03:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16418

Actions (login required)

View Item View Item
TOP