Penerapan Model Search, Solve, Create dan Share (SSCS) dengan Menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Karakteristik Gelombang Kelas XI IPA di MAN 4 Aceh Besar

Wirdatul Jannah, 251324452 (2017) Penerapan Model Search, Solve, Create dan Share (SSCS) dengan Menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Karakteristik Gelombang Kelas XI IPA di MAN 4 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of membahas tentang pendidikan]
Preview
Text (membahas tentang pendidikan)
skripsi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview
Official URL: http://library.ac.id

Abstract

Telah dilakukan penelitian penerapan Model Pembelajaran Search, Solve, Create dan Share (SSCS) Dengan Menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar peserta didik Pada Materi Karakteristik Gelombang di MAN 4 Aceh Besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Search, Solve, Create, dan Share (SSCS) dengan menggunakan lembar kerja peserta didik (LKPD) dapat meningkatkan hasil belajar pada materi Karakteristik Gelombang. Penelitian ini dilakukan di MAN 4 Aceh Besar. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental, sedangkan desainnya adalah Control Group Pre test Post test Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA di MAN 4 Aceh Besar semester genap tahun ajaran 2016/2017. Sampel penelitian ini adalah kelas XI IPA 1 yang berjumlah 28 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 yang berjumlah 31 peserta didik sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan Tes yang digunakan untuk mengukur data hasil belajar peserta didik berupa soal Pre test dan Post test. Analisis data menggunakan uji t untuk menguji perbedaan hasil belajar. Data pengujian hipotesis pada taraf signifikan pada taraf signifikan dan derajat kebebasan = 57 maka dari tabel distribusi t di dapat t(0,95)(57) = 1,67. Karena yaitu 5,10 > 1,67. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik yang diajarkan dengan model Search, Solve, Create, dan Share (SSCS) menggunakan lembar kerja peserta didik (LKPD) pada materi Karakteristik Gelombang lebih tinggi dari pada hasil belajar peserta didik yang tidak diajarkan dengan mengunakan model Search, Solve, Create, dan Share (SSCS).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Bukhari S. Si, MT 2. fera annisa, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Penerapan Model Pembelajaran Search, Solve, Create dan Share (SSCS), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Hasil Belajar, Karakteristik Gelombang.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Ms wirdatul jannah
Date Deposited: 16 Nov 2017 02:13
Last Modified: 16 Nov 2017 02:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1642

Actions (login required)

View Item
View Item