Analisis Butir Soal HOTS pada Mata Pelajaran Kimia Semester Ganjil Kelas XI di SMA Negeri 1 Woyla

Della Ricky Multini, 150208060 (2020) Analisis Butir Soal HOTS pada Mata Pelajaran Kimia Semester Ganjil Kelas XI di SMA Negeri 1 Woyla. Skripsi thesis, UPT. PERPUSTAKAAN.

[thumbnail of Analisis Butir Soal HOTS pada Mata Pelajaran Kimia Semester Ganjil Kelas XI di SMA Negeri 1 Woyla]
Preview
Text (Analisis Butir Soal HOTS pada Mata Pelajaran Kimia Semester Ganjil Kelas XI di SMA Negeri 1 Woyla)
Della Ricky Multini, 150208060, FTK, PKM, 082277704297.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Soal HOTS merupakan instrumen pengukuran yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi, Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah instrumen untuk mendukung peserta didik agar terbiasa berpikir tingkat tinggi. Soal yang digunakan sebagai instrumen penilaian pada ujian akhir semester ganjil kelas XI di SMA Negeri 1 Woyla belum pernah dianalisis, khususnya soal pada kemampuan berpikir tingkat tinggi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui butir soal ujian akhir semester ganjil mata pelajaran kimia kelas XI di SMA Negeri 1Woyla sudah termasuk soal dalam kategori kemampuan berpikir tingkat tinggi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif, dan instrumen yang digunakan adalah berupa lembar pedoman wawancara. Subjek penelitian ini adalah guru bidang studi kimia SMA Negeri 1 Woyla, dan objek penelitian ini adalah butir soal ujian akhir semester kelas XI. Soal yang digunakan sebagai instrumen penilaian ujian akhir semester kelas XI di SMA Negeri 1 Woyla berupa 20 soal dalam bentuk pilihan ganda dan 5 soal essay. Dari hasil analisis data yang dilakukan peneliti menunjukkan kriteria soal HOTS pada soal pilihan ganda sebesar 45%, sedangkan soal essay tidak ada soal yang menunjukkan kriteria soal HOTS. Soal yang digunakan sebagai instrumen penilaian cenderung masih pada ranah kognitif C1-C3.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Mujakir, M.Pd. Si Pembimbing II : Safrijal M.Pd
Uncontrolled Keywords: Analisis Butir Soal, HOTS, Mata pelajaran kimia kelas XI Semester Ganjil
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Della Ricky Multini
Date Deposited: 15 Mar 2021 03:12
Last Modified: 15 Mar 2021 03:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16427

Actions (login required)

View Item
View Item