Literature Review : Perbandingan Efektivitas Ekstrak Tumbuhan sebagai Pengawet Alami Ikan, Tomat dan Daging Ayam.

Nur Huda, 150704060 (2020) Literature Review : Perbandingan Efektivitas Ekstrak Tumbuhan sebagai Pengawet Alami Ikan, Tomat dan Daging Ayam. Skripsi thesis, UPT. PERPUSTAKAAN.

[thumbnail of Literature Review : Perbandingan Efektivitas Ekstrak Tumbuhan sebagai Pengawet Alami Ikan, Tomat dan Daging Ayam.]
Preview
Text (Literature Review : Perbandingan Efektivitas Ekstrak Tumbuhan sebagai Pengawet Alami Ikan, Tomat dan Daging Ayam.)
Nur Huda, 150704060, FST, KIMIA, 085270269779.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pangan adalah segala sesuatu yang berasal dari sumber hayati produk pertanian, perkebunan, kehutanan, perikanan, peternakan, dan perairan yang sangat mudah rusak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan efektivitas ekstrak tumbuhan sebagai pengawet alami tomat, ikan dan daging ayam berdasarkan waktu penyimpanan. Penelitian ini menggunakan metode literature review menggunakan database dari artikel-artikel dalam bentuk jurnal. Berdasarkan dari artikel yang dikumpulkan, didapatkan hasil dari beberapa tumbuhan yang diteliti, ekstrak tumbuhan yang efektif untuk dijadikan sebagai pengawet alami untuk ikan adalah ekstrak daun mangga dengan lama penyimpanan selama 13 hari. Sedangkan ekstrak daun kemangi kurang efektif untuk pengawetan ikan yang hanya mampu menyimpan ikan selama 60 menit. Ekstrak tumbuhan yang efektif untuk mengawetkan buah tomat adalah ekstrak tanaman putri malu dengan waktu penyimpanan 11 hari. Sedangkan ekstrak daun sambiloto dan daun mahkota dewa kurang efektif untuk mengawetkan tomat yang hanya mampu menyimpan tomat masing-masing selama 9 hari. Ekstrak tumbuhan yang efektif untuk mengawetkan daging ayam adalah ekstrak daun salam dan biji pinang dengan penyimpanan selama 6 hari. Sedangkan ekstrak yang kurang efektif untuk mengawetkan daging ayam adalah ekstrak dari daun salam dengan lama penyimpanan selama 18 jam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Bhayu Gita Bhernama, M. Si. Pembimbing II : Febrina Arfi, M. Si.
Uncontrolled Keywords: Pengawet alami, tumbuhan, waktu penyimpanan.
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia) > 547 Kimia Organik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Kimia
Depositing User: Nur Huda Nur
Date Deposited: 15 Mar 2021 03:00
Last Modified: 15 Mar 2021 03:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16431

Actions (login required)

View Item
View Item