Cut Rauzatul Ansi, 160209025 (2021) Penerapan Model Number Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV MIN 23 Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.
Cut Rauzatul Ansi, 160209025,FTK, PGMI, 081265124262.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (6MB) | Preview
Abstract
Berdasarkan hasil observasi pada siswa kelas IV MIN 23 Aceh Selatan, Siswa terlihat pasif dan tidak berperan aktif dalam proses pembelajaran sehingga pembelajaran tidak berpusat pada siswa tetapi masih terpusat pada guru. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Number Head Together (NHT) serta bagaimana peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model NHT. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Adapun prosedur pengumpulan data adalah melalui observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan tes, kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan persentase sesuai dengan kriteria keberhasilan yang telah ditentukan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) nilai persentase aktivitas guru pada siklus I 77,38% dan pada siklus II 92,85%. (2) nilai persentase aktivitas siswa pada siklus 71,05% dan pada siklus II 88,15%. (3) nilai persentase hasil tes belajar siswa siklus I 42,85% dan siklus II 80.95%, siswa telah tuntas secara klasikal. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Number Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV MIN 23 Aceh Selatan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Cut Rauzatul Ansi Cut |
Date Deposited: | 16 Mar 2021 03:55 |
Last Modified: | 16 Mar 2021 03:55 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16432 |