Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kreativitas dan Keterampilan Proses Sains pada Pelajaran IPA di Kelas V MIN 9 Banda Aceh

Putri Ida Sari, 160209024 (2021) Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kreativitas dan Keterampilan Proses Sains pada Pelajaran IPA di Kelas V MIN 9 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Tentang Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning (PjBL)]
Preview
Text (Tentang Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning (PjBL))
Putri Ida Sari, 160209024, FTK, PGMI, 082277086779.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini ialah kondisi pembelajarannya masih kurang menarik dan metode yang digunakan kurang bervariasi yang membuat potensi kreativitas peserta didik kurang berkembang. Hal tersebut menyebabkan perlu adanya model pembelajaran yang dapat membantu mengembangkan kreativitas peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap kreativitas belajar siswa dan untuk menganalisis keterampilan proses sains siswa terhadap penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pre-eksperimen, sedangkan desainnya adalah One Group Pretest-Posttest Design yang dilaksanakan di MIN 9 Banda Aceh. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MIN 9 Banda Aceh semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik Purposive Sampling, sehingga diperoleh kelas V3 yang berjumlah 38 siswa sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi menggunakan rubrik kreativitas belajar siswa dan tes keterampilan proses sains berupa soal Pretest dan Posttest. Analisis data menggunakan bantuan aplikasi SPSS 20.0 Version for windows, dimana thitung > ttabel yaitu 57,039 > 1,688, maka dapat disimpulkan bahwa kreativitas belajar siswa pada penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbeda secara signifikan, artinya ada pengaruh pada kreativitas belajar siswa. Selanjutnya pada tes keterampilan proses sains diperoleh thitung > ttabel yaitu 62,611 > 1,688, maka dapat disimpulkan bahwa keterampilan proses sains pada penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbeda secara signifikan, yang artinya ada pengaruh pada keterampilan proses sains siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada pelajaran IPA berpengaruh terhadap kreativitas belajar dan keterampilan proses sains siswa di kelas V MIN 9 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Putri Ida Sari Putri
Date Deposited: 16 Mar 2021 03:56
Last Modified: 16 Mar 2021 03:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16433

Actions (login required)

View Item
View Item