Pembinaan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam Melalui Program Ma’had Al-Jamiah UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Muhammad Rizki, 211121016 (2016) Pembinaan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam Melalui Program Ma’had Al-Jamiah UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang kemampuan membaca al-qur'an.)
Muhammad Rizki.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembinaan adalah usaha yang dilakukan dengan sadar, berencana, teratur dan terarah untuk meningkatkan pengetahuan, perilaku dan ketrampilan subjek dengan tindakan, pengarahan dan bimbingan. Program Ma’had Al Jamiah merupakan program yang bertujuan untuk melahirkan generasi-generasi bangsa dan agama yang cerdas serta berakhlak mulia. Hari ini kita melihat begitu banyak generasi-generasi pendidikan yang memiliki pengetahuan dan berpendidikan tetapi mereka krisis moral dan hampir tidak bisa membaca Al-Qur’an sebagai pedoman hidupnya. Salah satu Program Ma’had Jami’ah ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an Mahasiswa UIN Ar-Raniry dengan baik dan benar. Dari hasil observasi pada mahasiswa sebahagian besar belum mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar, diantaranya prodi Pendidikan Agama Islam. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah Bagaimana upaya pendidik dalam pembinaan kemampuan membaca Al-Qur’an mahasiswa PAI pada program Ma’had Al-Jami’ah UIN Ar-Raniry?, apa kendala dalam pembinaan kemampuan membaca Al-Qur’an mahasiswa prodi PAI melalui Program Ma’had Al-Jamiah UIN Ar-Raniry?. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan mengunakan metode yang bersifat kualitatif. Data dikumpulkan melalui dokumentasi, wawancara, observasi dan angket, kemudian data tersebut dianalisis melalui deskriptif kualitatif. Usaha pembinaan kemampuan membaca Al-Qur’an pada program Ma’had Al-Jamiah sudah baik. Kemudian ada beberapa kendala yang dihadapi oleh mahasiswa prodi PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an mereka di Ma’had Al-Jamiah UIN Ar-Raniry diantaranya bahagian besar mahasiswa kadang-kadang kurang serius dalam mengikuti pembinaan di ma’had Al-Jamiah, Kemudian pengaturan jadwal membaca Al-Qur’an kadang-kadang masih beradu dengan jadwal perkuliahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. Musa M. Ali, M. Ag; 2. Masbur, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Pembinaan, Kemampuan Membaca Al-Qur’an
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.1 Ilmu-ilmu Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 171 not found.
Date Deposited: 16 Nov 2017 03:28
Last Modified: 16 Nov 2017 03:28
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1644

Actions (login required)

View Item View Item
TOP