Pembelajaran Bahasa Inggris Di Madrasah Ibtidaiyah

Siti Khasinah, 2020046903 (2020) Pembelajaran Bahasa Inggris Di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Aktual, 6 (2): 3. pp. 121-132. ISSN 2461-1344

[thumbnail of Artikel Jurnal]
Preview
Text (Artikel Jurnal)
Artikel siti khasinah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (380kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran Bahasa Inggris di tiga madrasah ibtidaiyah (MI) di Aceh Besar. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi untuk melihat lima aspek dalam pembelajaran. Observasi dilakukan terhadap tiga guru di kelas bahasa Inggris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru mengajar bahasa Inggris dengan menggunakan tiga tahapan pembelajaran, namun tidak ditemukan adanya kegiatan pembelajaran bahasa secara khusus dalam tahapan pembukaan dan penutupan. Meskipun demikian, dalam kegiatan inti sudah mencerminkan pembelajaran bahasa Inggris. Temuan juga menunjukkan bahwa guru tidak menggunakan media apapun dalam mengajar dan mereka hanya menggunakan kamus dan buku teks sebagai sumber ajar. Dalam menilai murid, guru menggunakan penilaian proses seperti sikap tanggung jawab siswa dalam kerja tim, kinerja siswa, dan presentasi kelas. Selain itu, guru mengelola dan mengontrol kelas dengan baik, sehingga proses pembelajaran berjalan dengan lancar tanpa adanya perilaku disrupsi di kelas.

Item Type: Article
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Siti Khasinah
Date Deposited: 15 Mar 2021 09:15
Last Modified: 15 Mar 2021 09:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16455

Actions (login required)

View Item
View Item