Analisis Kualitas Soal Ujian Akhir Semester Mata Pelajaran PAI

Realita Nurdin, 2010107701 (2020) Analisis Kualitas Soal Ujian Akhir Semester Mata Pelajaran PAI. Analisis Kualitas Soal Ujian Akhir Semester Mata Pelajaran PAI, 6 (2): 4. pp. 133-144. ISSN 2461-1344

[thumbnail of Artikel Jurnal]
Preview
Text (Artikel Jurnal)
jpa realita 2021.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (401kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal buatan guru pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) berdasarkan reliabilitas, validitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda soal. Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VI Al Fath Sekolah Dasar Islam Karakter (SDIK) Nurul Qur’an Aceh Besar yang berjumlah 27 orang. Objek penelitian ini adalah 15 butir soal pilihan ganda Mata Pelajaran PAI kelas VI pada Ujian Akhir Semester (UAS) Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi, dan data dianalisis menggunakan program anates versi 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal-soal pilihan ganda mata pelajaran PAI kelas VI pada Ujian Akhir Semester (UAS) Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021di SDIK Nurul Qur’an belum seluruhnya berkualitas sangat baik/baik. Hasil penelitian menunjukkan 5 soal (33.33%) memiliki kriteria sangat baik, 4 soal (26,67%) memiliki kriteria kurang baik, dan 6 soal (40%) memiliki kriteria tidak baik. 1). Reliabilitas soal sebesar 0.80 menunjukkan bahwa soal-soal PAI memiliki kualitas yang baik karena memiliki koefisien reliabilitas yang tinggi. 2). Validitas soal menunjukkan 7 soal atau 46,67% dinyatakan valid, 8 soal atau 53,33% soal dinyatakan tidak valid. 3). Tingkat kesukaran menunjukkan 9 soal (60%) tergolong sangat mudah, 2 soal (13,33%) tergolong sedang, dan 4 soal (26.67%) tergolong mudah. 4). Daya pembeda menunjukkan 9 soal (60%) memiliki daya pembeda jelek, 3 soal (20%) memiliki daya pembeda baik, dan 3 soal (20%) memiliki daya pembeda baik sekali.

Kata kunci: Reliabilitas, validitas, tingkat kesukaran, daya pembeda

Item Type: Article
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Realita Nurdin
Date Deposited: 15 Mar 2021 09:08
Last Modified: 15 Mar 2021 09:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16456

Actions (login required)

View Item
View Item