Donny Fattah, 211323836 (2021) Hubungan Hafalan Juz `Amma dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di SMAN 12 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.
Donny Fattah, 211323836, FTK, PAI, 085358290505.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB) | Preview
Abstract
Kegiatan penerapan hafalan Juz ‘Amma tidak hanya ada pada madrasah saja, namun SMAN 12 Banda Aceh juga menerapkan kegiatan tersebut, dalam penerapan tersebut apakah akan memberi pengaruh bagi prestasi belajar siswa atau tidak. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut yang menjadi persoalan inti dalam penelitian ini adalah seberapa sering intensitas penerapan hafalan dilakukan dan apakah ada hubungannya antara hafalan dengan prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dimana analisisnya menggunakan korelasi rumus produck moment. Data diperoleh melalui beberapa teknik diantaranya adalah angket, dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data melalui prosentase diperoleh sebesar 59,34% yang berada diantara 56%–75%, maka dari itu dapat diketahui bahwa penerapan hafalan Juz ‘Amma termasuk kategori cukup. Selanjutnya nilai rata-rata kelas XI MIPA 1 yaitu 79,23 dengan standar kategori kelulusan bidang study Pendidikan Agama Islam yaitu 70. Dari hasil formulasi statistik produck moment menunjukkan hasil 0,464 yang terletak antara 0,400 – 0,700 pada tabel angka korelasi “r”, dapat dilihat dari hasil tersebut, bahwasanya hubungan antara hafalan dan prestasi belajar siswa adalah cukup.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Donny Fattah Donny |
Date Deposited: | 22 Mar 2021 02:17 |
Last Modified: | 22 Mar 2021 02:17 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16457 |