Proses Pengikatan Akad dan Penyelesaian Pembiayaan Murabahah Pada PT. Bank BNI Syariah Kantor Cabang Banda Aceh

Cut Nurkhalisha Muli, 160601031 (2019) Proses Pengikatan Akad dan Penyelesaian Pembiayaan Murabahah Pada PT. Bank BNI Syariah Kantor Cabang Banda Aceh. Diploma thesis, UPT. PERPUSTAKAAN.

[thumbnail of Proses Pengikatan Akad dan Penyelesaian Pembiayaan Murabahah Pada PT. Bank BNI Syariah Kantor Cabang BandaAceh]
Preview
Text (Proses Pengikatan Akad dan Penyelesaian Pembiayaan Murabahah Pada PT. Bank BNI Syariah Kantor Cabang BandaAceh)
Cut Nurkhalisha Muli, 160601031, FEBI, D3 PS, 082282538476.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penulis melakukan kerja praktik pada PT Bank BNI Syariah Kantor Cabang Banda Aceh yang beralamat dijalan Tengku Muhammad Daud Bereueh No. 25 C-D-E gampong Laksana, Kecamatan Kuta Alam, Kota Banda Aceh, yang merupakan Lembaga Keuangan Bank. Penulis melakukan kegiatan kerja praktik selama lebih dari 30 hari terhitung sejak 18 Maret 2019 sampai dengan 10 Mei 2019. Dalam tiap pengikatan akad tentunya terdapat kesalahan kecil maupun kesalahan besar yang dapat mengakibatkan terjadinya perselisihan antara lembaga keuangan dan nasabah dikemudian hari. Oleh karena itu penulis merangkum tujuan dari penulisan laporan kerja praktik ini yaitu untuk mengetahui bagaimana proses dari pengikatan akad serta penyelesaian pembiayaan murabahah di PT. Bank BNI Syariah Kantor Cabang Kota Banda Aceh. Pengikatan akad pada PT. Bank BNI Syariah Kantor Cabang Kota Banda Aceh diwakili oleh bagian Financing Administration mulai dari pembacaan doa hingga penandatanganan perjanjian pembiayaan. Penyelesaian pembiayaan dengan keadaan tertentu akan di selesaikan oleh bagian Remedial & Recovery dengan beberapa tahapan mulai dari memberi potongan pelunasan hingga hapus buku pembiayaan. Untuk melayani nasabah pembiayaan dengan maksimal, PT. Bank BNI Syariah Kantor Cabang Kota Banda Aceh harus mempertahankan pelayanan yang baik terhadap nasabah, terutama nasabah yang ingin mengambil pembiayaan, mengingat banyaknya nasabah yang menggunakan produk pembiayaan maka pihak bank harus lebih maksimal dalam menjelaskan produk pembiayaan yang akan diambil oleh nasabah, agar sewaktu-waktu tidak terjadi permasalahan untuk pembiayaan antara nasabah dengan pihak bank.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Nevi Hasnita, S.Ag.,M.Ag PembimbingII : Innayatillah, MA., Ek
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.21 Jual Beli (Murabahah)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > D3 Perbankan Syariah
Depositing User: Cut Nurkhalisha Muli
Date Deposited: 16 Mar 2021 02:50
Last Modified: 16 Mar 2021 02:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16465

Actions (login required)

View Item
View Item