Peran Tokoh Agama dan Adat Dalam Mencegah Penggunaan Cerak Pantang Pada Masyarakat (Studi Deskriptif Pada Masyarakat Kecamatan Pantan Cuaca Kabupaten Gayo Lues)

Liskarlina Cahaya, 160402047 (2021) Peran Tokoh Agama dan Adat Dalam Mencegah Penggunaan Cerak Pantang Pada Masyarakat (Studi Deskriptif Pada Masyarakat Kecamatan Pantan Cuaca Kabupaten Gayo Lues). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of tentang Peran Tokoh Agama dan Adat Dalam Mencegah Penggunaan Cerak Pantang]
Preview
Text (tentang Peran Tokoh Agama dan Adat Dalam Mencegah Penggunaan Cerak Pantang)
Liskarlina Cahaya, 160402047, FDK, BKI, 082214666183.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Cerak Pantang dalam masyarakat Gayo adalah hasil pengalaman hidup dari generasi ke generasi yang bernilai negative, seperti perkataan yang tidak sopan kepada orang tua,tidak menghormati orang lain, perkataan kotor, berbicara dengan lawan jenis dengan cara atau isi pembicaraan yang tidak baik. Penelitian ini bertujuan mengetahui dan mencari jawaban atas rumusan masalah penelitian, yaitu; Sejarah lahirnya Cerak Pantang, dampak Cerak Pantang terhadap masyarakat, dan peran tokoh agama dan adat dalam mencegah penggunaan Cerak Pantang. Manfaat penelitian ini ialah untuk memperkaya kajian-kajian tentang Cerak Pantang serta sebagai masukan bagi masyarakat Gayo. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif menggunakan metode deskriptif untuk menggali informasi agar dapat menemukan penjelasan mengenai peran tokoh agama dan adat dalam mencegah penggunaan Cerak Pantang pada masyarakat Kecamatan Pantan Cuaca Kabupaten Gayo Lues. Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Sumber data berjumlah 18 orang dengan rincian enam orang tokoh agama, enam orang tokoh adat dan enam orang masyarakat, yang ditentukan dengan menggunakan teknik purpossive sampling. Adapun teknik pengolahan dan analisis data dilakukan dengan tiga langkah, yaitu data reduction, data display dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tokoh Agama dan Adat telah berperan dalam mencegah penggunaan Cerak Pantang pada masyarakat kecamatan Pantan Cuaca kabupaten Gayo Lues dengan membuat usaha-usaha yaitu:Sosialisasi yang dilakukan oleh penasehat adat, yang biasanya dilaksanakan di masjid atau meunasah.Ceramah singkat untuk penggajian ibu-ibu dengan tema tentang Cerak Pantang. Juga membuat pengajian rutin terkait dengan Cerak Pantang untuk orang tua dan anak-anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Liskarlina Cahaya Liska
Date Deposited: 16 Mar 2021 03:09
Last Modified: 16 Mar 2021 03:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16475

Actions (login required)

View Item
View Item