Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi SPLDV di Kelas VIII MTsN Cot Gleumpang.

Noera Khalidah, 261121453 (2016) Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi SPLDV di Kelas VIII MTsN Cot Gleumpang. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang kemampuan pemecahan masalah matematis.]
Preview
Text (Membahas tentang kemampuan pemecahan masalah matematis.)
Noera Khalidah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa khususnya pada materi SPLDV disebabkan karena kurangnya perhatian dan katerlibatan siswa dalam proses pembelajaran, kesulitan siswa dalam memahami soal-soal SPLDV yang berbentuk cerita, pembelajaran yang kurang inovatif serta siswa yang kurang aktif dan kreatif dalam mengkonstruksi ide-ide pemecahan masalah. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yaitu melalui model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran, respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran, dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Data dikumpulkan melalui tes, observasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian di peroleh bahwa: (1) Aktivitas guru dalam menerapkan model pembelajaran berbasis masalah, selama siklus 1 dan siklus 2, mengalami peningkatan walaupun masih dalam kategori baik tapi meningkat dari 81% menjadi 85%; (2) Aktivitas siswa selama penerapan model pembelajaran berbasis masalah adalah aktif; (3) Respon siswa terhadap kegiatan belajar mengajar dengan penerapan model pembelajaran berbasis masalah adalah positif; (4) Menunjukkan adanya peningkatan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matematis dilihat dari hasil tes siswa meningkat secara individual maupun secara klasikal setelah penerapan model pembelajaran berbasis masalah. Jadi dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebaiknya menggunakan model pembelajaran berbasis masalah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Nuralam, M.Pd; 2. Suhartati S.Pd, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Pemecahan Masalah Matematis
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 171 not found.
Date Deposited: 16 Nov 2017 03:45
Last Modified: 16 Nov 2017 03:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1648

Actions (login required)

View Item
View Item