Penerapan Model Snowball Throwing dengan Media Audio Visual untukMeningkatkan Keaktifan Siswa pada Pembelajaran PKn di Kelas IV MIN 10 Aceh Besar

Putri Nur Alifah, 150209044 (2020) Penerapan Model Snowball Throwing dengan Media Audio Visual untukMeningkatkan Keaktifan Siswa pada Pembelajaran PKn di Kelas IV MIN 10 Aceh Besar. Skripsi thesis, UPT. PERPUSTAKAAN.

[thumbnail of Penerapan Model Snowball Throwing dengan Media Audio Visual untuk meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran PKn di kelas IV Min 10 Aceh Besar]
Preview
Text (Penerapan Model Snowball Throwing dengan Media Audio Visual untuk meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran PKn di kelas IV Min 10 Aceh Besar)
Putri Nur Alifah, 150209044, FTK, PGMI, 085372682878.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Proses belajar mengajar di MIN 10 Aceh Besar umumnya proses pembelajaran yang dilakukan guru kurang dalam mendukung keaktifan belajar peserta didik dalam pembelajaran khususnya pada pembelajaran PKn. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru dalam penerapan Model Snowball Throwing dengan Media Audio Visual untuk meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran PKn di kelas IV Min 10 Aceh Besar dan untuk mengetahui aktivitas peserta didik dalam Model Snowball Throwing dengan Media Audio Visual untuk meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran PKn di kelas IV Min 10 Aceh Besar serta untuk mengetahui peningkatan keaktifan peserta didik dalam Model Snowball Throwing dengan Media Audio Visual untuk meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran PKn di kelas IV Min 10 Aceh Besar. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik dan instrumen penelitian ini yaitu lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi peserta didik, lembar keaktifan peserta didik dan soal post test peserta didik. Analisis data pada penelitian menggunakan rumus deskrptif presentase untuk aktivitas guru, aktivitas peserta didik dan keaktifan peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan tiap siklus, yakni siklus I memperoleh aktivitas guru 72%, aktivitas peserta didik 74,11% dan keaktifan peserta didik 64,28% dan pada siklus II memperoleh hasil aktivitas guru 86,31%, aktivitas peserta didik 85% dan keaktifan peserta didik 83,92%. Maka dari itu menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing dengan Media Audio Visual dapat meningkatkan keaktifan peserta didik pada pembelajaran PKn kelas IV di MIN 10 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Salma Hayati, S.Ag,M.Ed. Pembimbing II : Rafidhah Hanum, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Snowball Throwing, Keaktifan,
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Putri Nur Alifah
Date Deposited: 17 Mar 2021 02:06
Last Modified: 17 Mar 2021 02:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16481

Actions (login required)

View Item
View Item