Melawan Dominasi Pengusaha Sawit: BUMK Maju Bersama dan Pemenuhan Kebutuhan Pertanian Masyarakat Kampung Lae Pinang, Aceh SIngkil

Andi Aulia Arafat, 160305052 (2020) Melawan Dominasi Pengusaha Sawit: BUMK Maju Bersama dan Pemenuhan Kebutuhan Pertanian Masyarakat Kampung Lae Pinang, Aceh SIngkil. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Tentang Melawan Dominasi  Elit]
Preview
Text (Tentang Melawan Dominasi Elit)
Andi Aulia Arafat, 160305052, FUF, SA, 085294298797.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

BUMK (Badan Usaha Milik Kampung) Maju Bersama dibentuk sebagai suatu pendekatan baru dalam usaha peningkatan ekonomi Kampung Lae Pinang berdasarkan kebutuhan dan potensi Kampung. Pengelolaan BUMK Maju Bersama sepenuhnya dilaksanakan oleh masyarakat Kampung, yaitu dari Kampung, oleh Kampung, dan untuk Kampung. Pokok permasalahan pada penelitian ini yaitu bertujuan untuk megetahui bagaimana pengelolaan dan program-program BUMK Maju Bersama, kendala yang dihadapi BUMK Maju Bersama, respon masyarakat dan pemerintah terhadap peran BUMK Maju Bersama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif, teknik pengumpulan data melalui wawancara, juga melalui observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menujukan bahwa walaupun masih baru, BUMK Maju Bersama dalam pengelolaannya telah menerapkan manajemen secara tersturktur, proses pengelolaannya telah melewati beberapa tahap seperti perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, koordinasi, dan pengawasan, dan program yang dijalankan sudah cukup baik memberikan manfaat dan membawa perubahan positif di dalam masyarakat, serta mampu mematahkan dominasi pengusaha sawit yang selama ini memegang kendali dalam hal pemenuhan kebutuhan pertanian. Kehadiran BUMK Maju Bersama mendapat respon baik dari masyarakat serta dukungan dari pemerintah, sehingga terciptanya hubungan simbiosis mutualisme antara BUMK Maju Bersama dengan masyarakat Kampung Lae Pinang. Lambatnya pengalokasian dana masih menjadi kendala terbesar dan menjadi penghambat BUMK Maju Bersama untuk berkembang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 301 Sosiologi dan antropologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Andi Aulia Arafat Andi
Date Deposited: 17 Mar 2021 03:05
Last Modified: 17 Mar 2021 03:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16496

Actions (login required)

View Item
View Item