Mahra Wana, 160212050 (2021) Perancangan Aplikasi Game Adventure Menggunakan App Inventor2 Sebagai Media Pembelajaran IPA. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Mahra Wana, 160212050, FTK, PTI, 082282839257.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi game adventure menggunakan app inventor2 sebagai media pembelajaran IPA. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Darul Hasanah, Jl. Jambur Mamang, Desa Tanjung Lama, Kec. Darul Hasanah, Kab. Aceh Tenggara. Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam perancangan aplikasi game adventure sebagai media pembelajaran ini menggunakan metode MDLC. Dengan menggunakan aplikasi game adventure sebagai media pembelajaran, game diharapkan tidak hanya berfungsi sebagai media hiburan belaka, tetapi juga sebagai media pembelajaran. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner yang diberikan kepada ahli media, ahli materi, dan peserta didik. Aplikasi game adventure sebagai media pembelajaran IPA ini di rancang menggunakan App Inventor2, pemilihan web ini didasarkan atas penggunaannya yang mudah. Hasil penelitian yang diperoleh dari ahli media, ahli materi, dan peserta didik dengan persentase berturut-turut adalah 67,6%, 80% dan 87,4%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perancangan aplikasi game adventure menggunkan app inventor2 sebagai media pembelaajaran IPA sangat layak untuk digunakan di SMP Negeri 2 Darul Hasanah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1. Dr. Hazrullah, S.Pd.I., M.Pd 2. Basrul, M.S |
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran, Game, Organisme Heterotrof, App Inventor2 |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and System > 005 Computer Programming, Program & Data |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi |
Depositing User: | Mahra Wana |
Date Deposited: | 19 Mar 2021 03:20 |
Last Modified: | 19 Mar 2021 03:20 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16499 |