Penerapan Model Inside Outside Circle Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pada Kelas IV MIN 25 Aceh Besar

Desi Ratna Juwita, 150209125 (2020) Penerapan Model Inside Outside Circle Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pada Kelas IV MIN 25 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Model Inside Outside Circle]
Preview
Text (Model Inside Outside Circle)
Desi Ratna Juwita, 150209125, FTK, PGMI, 082368662226.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Proses belajar mengajar di MIN 25 Aceh Besar umumnya proses pembelajaran yang dilakukan guru kurang dalam mendukung aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran khususnya dalam mata pelajaran tematik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru melalui penerapan model Inside Outside Circle untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran pada kelas IV MIN 25 Aceh Besar dan untuk mengetahui aktivitas siswa melalui penerapan model Inside Outside Circle untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran pada kelas IV MIN 25 Aceh Besar serta untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model Inside Outside Circle untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran pada kelas IV MIN 25 Aceh Besar. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik dan intrumen penelitian ini yaitu lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan soal Post Test siswa. Analisis data pada penelitian menggunakan rumus deskriptif persentase. Berdasarkan hasil analisis penelitian diperoleh bahwa aktivitas guru dalam mengolah pembelajaran pada siklus I adalah 80% dan pada siklus II memperoleh 96%, Sedangkan aktivitas siswa selama kegiatan pembelajaran siklus I memperoleh 77% dan siklus II sebanyak 95%. Hasil Post Test siswa pada siklus I memperoleh 65% dan siklus II memperoleh persentase 88%. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpullkan bahwa penerapan model Inside Outside Circle dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran pada kelas IV MIN 25 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Desi Ratna Juwita
Date Deposited: 19 Mar 2021 02:31
Last Modified: 19 Mar 2021 02:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16502

Actions (login required)

View Item
View Item