Peran Lembaga Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Aceh Besar dalam Mengembangkan Ekonomi Masyarakat (Studi pada Kelompok Usaha Kerajinan Rotan di Gampong Lamgaboh Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar).”

Rahayu Rezeki Anwar, 160404038 (2021) Peran Lembaga Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Aceh Besar dalam Mengembangkan Ekonomi Masyarakat (Studi pada Kelompok Usaha Kerajinan Rotan di Gampong Lamgaboh Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar).”. Skripsi thesis, UPT. PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text (Peran Lembaga Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Aceh Besar dalam Mengembangkan Ekonomi Masyarakat (Studi pada Kelompok Usaha Kerajinan Rotan di Gampong Lamgaboh Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar).”)
Rahayu Rezeki Anwar, 150404038, FDK, PMI, 082253261566.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Peran Lembaga Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Aceh Besar dalam Mengembangkan Ekonomi Masyarakat (Studi pada Kelompok Usaha Kerajinan Rotan di Gampong Lamgaboh Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar).” Adapun permasalahan dalam penelitian ini ialah bagaimana peran lembaga PLUT dalam mengembangkan usaha kerajinan rotan yang ada di Gampong Lamgaboh. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana proses pendampingan lembaga PLUT dalam mengembangkan ekonomi masyarakat dan mengetahui bagaimana peran lembaga PLUT dalam mendampingi pelaku usaha mikro. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh penulis adalah wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah Ketua Lembaga Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Aceh Besar, Konsultan Bidang Kelembagaan, Konsultan Bidang Pemasaran, Konsultan Bidang SDM dan lima orang pengrajin rotan binaan PLUT Aceh Besar yang ada di Gampong Lamgaboh. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa adanya perkembangan usaha kerajinan rotan di Gampong Lamgaboh baik dari segi produksi, manajemen, pemasaran maupun sarana dalam usaha kerajinan rotan setelah adanya pendampingan oleh Lembaga PLUT Aceh Besar. Perubahan ini dilakukan dengan berbagai strategi, yaitu dari pengembangan sumber daya manusia yang meliputi pemasaran secara online, pengrajin sudah memiliki kios masing-masing, dan sudah mampu mengelola keuangan usaha dengan baik Namun, pada masa pandemi covid’19 saat ini, pengrajin rotan sedang mengalami penurunan pendapatan. Contohnya kelompok usaha Leu Bagoo Awee yang ada di Gampong Lamgaboh juga telah merasakan perubahan perluasan pasar setelah adanya pendampingan dari PLUT Aceh Besar dan juga telah mengikuti beberapa pelatihan yang diselenggarakan oleh PLUT Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran, Pengembangan, Ekonomi Masyarakat.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.1 Masyarakat Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Rahayu Rezeki Anwar
Date Deposited: 18 Mar 2021 02:52
Last Modified: 18 Mar 2021 02:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16508

Actions (login required)

View Item View Item
TOP