Tinjauan Hukum Islam Terhadap Ulak Dalam Kebiasaan Masyarakat Gayo Lues

Esi Latifah, 150101089 (2020) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Ulak Dalam Kebiasaan Masyarakat Gayo Lues. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of tentang Tinjauan Hukum Islam Terhadap Ulak  Dalam Kebiasaan Masyarakat Gayo Lues]
Preview
Text (tentang Tinjauan Hukum Islam Terhadap Ulak Dalam Kebiasaan Masyarakat Gayo Lues)
Esi latifah, 150101089, FSH, HK, 082277095039.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Perilaku masyarakat Kabupaten Gayo Lues terutama dikalangan istri sebagian terkadang tidak mempertimbangkan aspek hukum Islam, salah satunya ialah perilaku ulak yakni meninggalkan rumah tangga tanpa izin suami untuk kembali ke rumah orangtuanya. Oleh karena itu penelitian ini mengangkat masalah bagaimana praktek Ulak dalam kebiasaan masyarakat Gayo Lues, bagaimana bentuk denda karena Ulak dalam kebiasaan masyarakat Gayo Lues dan bagaimana perspektif hukum Islam terhadap denda karena Ulak dalam kebiasaan masyarakat Gayo Lues. Penelitian ini menggunakan metode lapangan dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Hasil penelitian diketahui bahwa praktek Ulak merupakan suatu kebiasaan dalam masyarakat Gayo Lues yang berupa kembalinya istri kerumah orang tuanya tanpa sepengetahuan suami yang dikarenakan adanya faktor ekonomi dalam keluarga, kecurangan dalam keluarga, campur tangan pihak keluarga suami dalam urusan rumah tangga istri tersebut. Bentuk denda Ulak dalam perilaku masyarakat Gayo Lues yang diberikan kepada istri ialah berupa dikembalikannya emas dan uang saat pernikahan. Denda karena Ulak dalam perilaku masyarakat Gayo Lues sudah sesuai jika ditinjau dari perspektif hukum Islam, jika sang istri meninggalkan rumah tanpa sebab. Tetapi jika ulak tersebut dikarenakan adanya perilaku suami atau anggota keluarga suami yang memberatkan istri, maka pemberian denda tersebut tidak dibenarkan dalam Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.28 Perbandingan Hukum Islam dengan Hukum Lainnya dibidang Muammalat, Termasuk Hukum Adat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Keluarga
Depositing User: 150101089 Esi
Date Deposited: 18 Mar 2021 03:02
Last Modified: 18 Mar 2021 03:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16517

Actions (login required)

View Item
View Item